Kulineran di pasar Ah Poong, Sentul City

Nah sehabis dari curug bidadari, hari sudah siang, so kami melanjutkan perjalanan untuk mencari makan siang. Nah ada restoran yang sangat ngetop di sentul city untuk kulineran bersama keluarga yaitu Floating Market Ah Poong. Restoran ini terletak di jalan MH Thamrin, Sentul. Kalau anda dari tol langsung, keluar di tol sentul selatan 1.

Pasar Ahpoong (di baca: Pasar Apung) adalah  restoran dengan konsep terbuka yang menawarkan keindahan pemandangan Sungai Cikeas dan beragam menu seperti foodcourt besar. Selain itu ada sarana permainan untuk anak-anak dan kano/perahu mengelilingi restaurant.

Restoran ini buka setiap hari, Senin sampai Jumat jam 10.00-22.00 wib dan Sabtu, Minggu & Hari Libur Nasional jam 07.00-22.00 wib. Karena buka sejak pagi , Pasar Ah Poong ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi jalan-jalan pagi yang dilanjutkan dengan isi perut alias sarapan usai olahraga. Warga Sentul benar-benar happy ya dengan adanya restoran ini, ngiri deh ma warga sentul.

Sesudah anda parkir, anda akan mengakses melalui 2 buah jembatan gantung di sisi kanan kirinya,  yaitu dari arah seberang Mesjid Andalusia atau dari arah Taman Energi di Eco Art Park (biasanya pengunjung memlilih untuk masuk ke Ah Poong dari arah Eco Art Park).  Banyak orang yang senang berfoto dengan pemandangan pasar ahpoong dan sungainya dari atas jembatan ini.

Walaupun namanya Pasar Ah Poong (Pasar Apung), namun sebenarnya tidak ada pasar atau kedai makan yang benar-benar terapung di sungai, hanya penamaan saja, dan foodcourtnya tetap di gedung. tempatnya luas sekali dan ragam makanan sangat melimpah, hampir semua jenis masakan indonesia yang populer ada di sini.

Sistem pembayaran di Pasar Ah Poong adalah dengan menggunakan kartu deposti khusus Ah Poong dari  Eat & Eat. Anda bisa mengisi saldonya dahulu, dan sesudah berbelanja makanan sepuasnya, sisa saldo yang ada di kartu dapat diuangkan kembali.

berikut beberapa tips dari liburananak.com yang bermanfaat buat kita nih :

Tips ke Pasar Ah Poong: 

  1. Usahakan datang bukan pada jam makan siang (terutama saat weekend atau hari libur nasional) , selain  suasana sangat padat, mencari tempat parkir mobil pun akan sama sulitnya dengan mencari tempat untuk duduk di Pasar Ah Poong.

  2. Bila tidak bersama supir,  parkir mobil di area parkir di Mal Belanova yang tak jauh dari pintu tol bisa menjadi pilihan bijak. Dari mal ini, ada akses langsung ke Ah-Poong sembari menyusuri Ecoartpark. Perjalanan yang cukup memakan waktu tetapi menyenangkan dijamin bakal menambah semangat bersantap lahap.

  3. Konsep Pasar Ah Poong ini adalah food court dengan udara terbuka sehingga lumayan membuat keringetan bila matahari sedang panas-panasnya di siang hari. Sebagai alternatif, kita juga bisa datang pada sore atau malam hari. Suasana Pasar Ah Poong pada sore menjelang malam hari juga sangat indah ditambah dengan suara gemericik air Sungai Cikeas. Namun tentu saja bila datang malam hari, kita tidak bisa sekaligus berwisata ke Eco Art Park karena gelap.

  4. Walaupun menawarkan ratusan jenis menu namun ada beberapa  yang selalu menjadi favorit pengunjung di Pasar Ah Poong ini , di antaranya: Nasi Goreng Guan Tjo dari Bogor, Tahu Lym dari Kediri, Gado-gado Cipete dan Snow Ice Singapore.
  5. Saat membeli kartu isi ulang , lebih baik isi dengan jumlah uang agak banyak agar tidak harus bolak balik antri lagi. Seperti di gerai-gerai Eat & Eat di Jakarta,  untuk stand makanan berat kita bisa langsung pesan  dan bayar dengan mendebit kartu Eat&Eat khusus dari Ah Poong.
  6. Sedangkan untuk stand makanan kecil (snack) kita harus pesan dan bayar dulu ke counter tempat kita membuat kartu, setelah itu kasir akan memberi  struk sebagai bukti kalau kita sudah membayar snack tersebut, baru balik lagi ke stand snack-nya (agak ribet).
  7. Harap maklum bila kita sedang menyantap makanan, seperti ada orang yang “mengantri” kursi yang sedang kita duduki  dengan berdiri tepat di samping meja/kursi kita (terutama jam-jam makan siang, weekend/hari libur). Kapasitas tempat duduk di Ah Poong dapat menampung lebih dari 150 orang, hanya saja saat ini belum tersedia sistem pemesanan tempat di awal. Dengan datang sedikit lebih awal diharapkan akan mendapat tempat duduk yang diharapkan.
  8. Bila datang saat hari masih terang, sebelum atau setelah makan di Ah Poong, jangan lupa ajak anak-anak bermain di Eco Art Park yang berlokasi di samping Pasar Ah Poong. Disana kita bisa berjalan-jalan di Taman Patung, Taman Energi, Taman Bambu dan beberapa taman lainnya yang sedang dalam tahap pembangunan.


Cara menuju ke Pasar Ah Poong Sentul City: 

  • Ah Poong Sentul City dapat anda capai dengan mudah melalui exit di Sentul Selatan pada KM 37 Tol JAGORAWI. Jika anda datang dari arah Jakarta, maka anda keluar melalui Exit Tol Sentul Selatan 1. Jika anda datang dari arah Bogor, maka anda keluar melalui Exit Sentul Selatan 2.
  • Setelah lepas dari gerbang tiket, anda akan segera menemui Bellanova Country Mall dan Kantor Pemasaran Sentul City; Ah Poong Sentul City berada persis di belakang mall tersebut.
  • Setelah melewati Bellanova Country Mall dan Kantor Pemasaran Sentul City, anda akan menemui bundaran dengan baligo dan spanduk penunjuk arah menuju Ah Poong Pasar Apung Sentul City.
  • Anda akan segera bertemu komplek STIE Takzia dan Masjid Andalusia jika berbelok ke kanan, dan segera memasuki area parkir Ah Poong Pasar Apung Sentul City.

 

Sesudah selesai makan, kami melanjutkan perjalanan ke kota Bogor, yang jaraknya sudah sangat dekat hehehe…mau check in dulu dan istirahat.

Next time, ayo sesekali lari pagi dan kulineran di sentul city. 🙂

 

One thought on “Kulineran di pasar Ah Poong, Sentul City”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.