Mercusuar Anyer (Anyer Nol Kilometer)

Mercusuar Anyer (Anyer Lighthouse) atau dikenal dengan nama Mercusuar Cikoneng adalah mercusuar yang terletak di ujung barat pulau jawa, dan diyakini sebagai titik nol atau titik awal dari pembangunan jalan Anyer-Panarukan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Daendels. Makanya lokasi ini juga terkenal sebagai ANyer Nol Kilometer.

Kami mengunjunginya setelah check in di hotel kami di marbella anyer. sehabis meletakkan koper dan beberes sedikit, sekitar pukul 4 sore kami keluar dari marbella, anyer ke arah mercusuar putih ini. Sesampainya di sana, kami parkir di sebelahnya, ada pantai pasir dan kedai-kedai. biaya parkirnya kalo tidak salah ingat sekitar 20ribu. begitu turun dari mobil, jangan kaget, ada beberapa pedagang asongan langsung menghampiri anda dan menawarkan dagangan mereka. Ada juga yang menawarkan untuk membuat tato temporer.

Pada pintu masuk mercusuar terdapat tulisan bahwa mercusuar ini dibangun pada tahun 1885. Menurut penuturan penjaga mercusuar, pada awalnya mercusuar ini dibangun pada tahun 1806, proyek jalan Anyer-Panarukan baru dijalankan tahun 1825. Saat gunung krakatau meletus pada tahun 1883, mercusuar ini hancur, hanya menyisakan pondasinya saja. Dan, dua tahun kemudian, yaitu tahun 1885, di bawah pemerintahan Z.M Willem III mercusuar ini kembali dibangun. Sebagaimana terlihat dengan tulisan di atas pintu masuk, selangkapnya di wikie

Pemandangan langitnya sangat cerah dan berwarna biru, dengan mercusuar yang putih, rasanya ingin cepat-cepat memulai sesi foto kami hehe..maklum banci kamera…

Ada banyak spot foto yang menarik, di depan mercusuar menghadap ke pantai ada lapangan dengan berbentuk hati dan berwarna pelangi…sangat instagramable…cek penampakannya di bawah ini :

Ada juga Bola Dunianya loh, dan prasasti, serta foto di dermaganya. Tapi ingat, jangan nyebur ya…lautan bebas itu soalnya…hehe. Pls be safe ya.

So, menarik ya, belajar sejarah sambil foto-foto ciamik di sini. hari sudah mendekati pukul 5.30, kami pun makan bakso sebentar di sini, kebetulan ada mamang bakso masuk ke dalam, hehe. Di sini juga, pengunjungnya tidak terlalu ramai, padahal weekend, so kalo mau take photo, sangat nyaman dan gak rebutan..

Karena waktu sudah mau senja, dan kami gak mau kehilangan momen sunset di marbella anyer, jadi kami segera kembali ke hotel. kebetulan jarak dari mercusuar cikoneng ke hotel marbella sekitar 4Km dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit… 🙂

 

 

 

 

2 thoughts on “Mercusuar Anyer (Anyer Nol Kilometer)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s