Sunset terindah di Pulau Jawa – Anyer

Di mana, menikmati Sunset terindah di Pulau Jawa ini? Jawabannya adalah di Anyer. Loh Kenapa Anyer? Matahari kan terbitnya dari Timur, dan tenggelam di Barat. Jadi Matahari sunrise terbaik pastinya di ujung paling barat suatu pulau. Nah kalo bicara Pulau Jawa, ujung paling baratnya adalah di pantai anyer, provinsi Banten.

Salah satu tempat yang paling recommended untuk menikmati matahari terbenam alias sunset adalah pantai kuta di pulau bali, tapi kalo cari pantai yang dekat dari Jakarta apa donk? Kan judulnya shorttrip nih, jadi harus distance yang driveable dari Jakarta, jawabannya lagi-lagi Pantai Anyer. Hehehe..menjual banget ya kalimat2 ogut.

PESISIR ANYER

Setelah dari Kota Cilegon, kami melanjutkan perjalanan dengan menyusuri pesisir barat pulau jawa ini melalui jalan anyer-cilegon. Sepanjang jalan anda akan menemui banyak sekali komplek industri dan pabrik-pabrik. Banyak pekerja buruh pabrik yang lalu lalang di sepanjang jalan. traffic akan sedikit padat, tapi terus jalan. Tenang-tenang, tetep gak akan semacet Jakarta kok. Jalan akan mendaki dan menurun dan di sebelah kanan jalan mendekati anyer, pantai dan resort2 penginapan akan mulai terlihat, kalau sudah begitu, sebelah kiri anda pastinya banyak restoran-restoran.

Sebelum mendekati hotel, kami melewati Mercusuar Anyer (Cikoneng) yang terkenal dengan warna putihnya yang indah dan kesan romantis langsung muncul deh. Mengenai mercusuar sudah saya bahas di sini detail kunjungan kami, cekidot.

MARBELLA HOTEL, CONVENTION & SPA

Sesampainya di hotel Marbella, kami check in terlebih dahulu, parkirnya tidak sulit, banyak space kosong. Di saat yang sama, ada 1-2 event dengan rombongan ramai juga, namun karena hotelnya besar sekali, tidak terasa padat. Hotel ini dilengkapi dengan ruang convention, spa, tempat parkir luas, dan kolam renang yang besar, serta menghadap pantai dan laut Jawa.

Kolam renangnya ada yang untuk anak-anak lengkap dengan atraksi gua-guaan, sangat cocok untuk family trip. Suasananya juga hangat dan anda bisa menikmat pemandangan pantai langsung. Jadi nyari sunset gak kemana-mana lagi.

Ruangan kamar yang kami pesan, juga ukuran standarnya sudah sangat luas. Tipikal hotel tua hehe, namun semua masih berfungsi dengan baik. fasilitas kamarnya seperti apartemen studio premium, ada kitchen set (bisa masak loh), kamar mandi dalam, meja makan, TV, springbed, dan ada terasnya yg luas dan menghadap ke kolam renang+pantai. wauh dan harganya sangat reasonable.

Setelah istirahat sejenak, kami keluar hotel untuk mengunjungi Mercusuar anyer dan Pantai Sambolo. Target kami adalah melihat sunset di pantai sambolo dan segera kembali ke marbella, untuk melanjutkan sunsetnya di sana. Hehe jadi dapat 2x sunset view.

PANTAI SAMBOLO

Di sepanjang pesisir anyer, ada banyak sekali pantai-pantai yang dikelola penduduk setempat. Anda bisa memilih mau singgah di pantai yang mana. Pada dasarnya semuanya adalah pantai yang sama, hanya dikapling-kapling lengkap dengan tempat parkir dan kedai2 sederhananya. Tekstur pantai yang mungkin akan agak berbeda, di beberapa wilayah akan berbatu-batu dan ada yang pasir membentang.Beberapa Pantai yang ada :

  • Pantai Anyer
  • Pantai Sambolo I
  • Pantai Sambolo II
  • Pantai Pasir

Kunjungan kali ini, kami singgah di Sambolo. Biaya parkirnya 75ribu (mahal sih ya hehe). Karena mungkin jarang yang datang jadinya dimahalin. Suasana pantai gak berbatu-batu namun berjalan sedikit ketemu pasir terhampar. warna pasirnya agak gelap. Foto2 sebentar, akhirnya sunset pun muncul, waktu kira2 sekitar jam 5.30an

 

Keren kan?? Benar2 Matahari yang terbenam di lautan di ujung barat pulau jawa sangat indah. Mumpung hari belum gelap benar, cepat-cepat kami bersiap-siap kembali ke marbella untuk melihat lanjutan momen sunset ini, yakni jadi senja ungu…well…ayo berangkat…

PURPLE SUNSET DI MARBELLA ANYER

Sesampai di hotel, hari sudah gelap, tapi matahari senja masih ada, dan sinar kemerahan hangat mulai nampak di ufuk barat. Tembok pembatas Marbella Anyer ke pantai inipun jadi sangat eksotis, serasa di pulau dewata, cek penampakannya gan :

 

Hari sudah makin Gelap, sekarang warna senjanya menjadi keunguan, well a perfect purple sunset is coming now…cekidot penampakannya gan :

 

Suasana Mistis terasa menyergap dengan warga ungu dan merah yang tidak mau padam di langit nun jauh di horizon perbatasan antar langit dan lautan bebas (sok puitis) padahal sudah pukul 6.30 malam. Karena kita berada di ujung paling barat pulau jawa, matahari terbenam paling lama bisa kita lihat di sini. kalo di Jakarta, jam 6 ma uda gelap gada matahari lagi kan hehe…

Bagaimana rekan-rekan? tertarik menikmati sunset indah hanya 2,5jam dari jakarta? ya ke sini aja ke pantai anyer. shortrip aja pergi sabtu pulang minggu nginap semalam sepert kami ini. cheers πŸ™‚ πŸ˜‰

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s