Jalan-jalan ke Little Venice Cianjur

Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur

Short trip kali ini kita akan kembali pergi ke arah bogor, tapi bukan ke kota Bogornya, melainkan ke arah puncak ke wilayah kabupaten Bogor yakni Cianjur dan Cipanas. Mungkin ada yang bingung bedain antara mana yang bogor, mana yang puncak, cipanas, cianjur, cibodas, kab. bogor…sering ketuker-tuker ya.

Jakarta di sebelah timur berbatasan dengan kota bekasi, dan di sebelah selatan dengan kota depok. Di bawah kota depok, baru ada kabupaten bogor, sedangkan kota bogor itu terletak di tengah2 kabupaten bogor. nah kalau lihat peta di bawah ini, puncak itu sebenarnya di mana sih? Posisinya di kabupaten Bogor, mengarah ke kabupaten Cianjur.

Peta Jawa Barat Lengkap Dengan Daftar 18 Kabupaten dan 9 Kota

Kabupaten Bogor dilintasi jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi). Jalan tol ini adalah jalur wisata utama dari Jakarta menuju Bandung. Jalur ini melewati rute Jalan Tol JagorawiPuncakCianjurBandung. Jalur Ciawi-Puncak merupakan salah satu yang terpadat pada musim libur, karena kawasan tersebut merupakan tempat berlibur warga Jakarta dan sekitarnya. Apabila jalur wisata utama tersebut macet, yang biasanya terjadi pada hari-hari libur, maka dapat menggunakan rute alternatif melewati Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cariu-Cianjur-Bandung. Cek di wiki

Tempat wisata di kabupaten Bogor adalah Puncak, Taman Safari, Taman Wisata mekarsari, Taman Wisata Matahari.  Puncak dan Taman Safari adalah bagian dari kecamatan cisarua, kab.Bogor.

Sedangkan yang akan kita kunjungi sekarang ini adalah Little Venice, Kota Bunga di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Objek wisata lain yang ada di Cianjur adalah Taman Bunga Nusantara, Istana Presiden Cipanas, Gunung Gede, Gunung Pangrango, dan Kebun Raya Cibodas. Kebun Raya Cibodas terletak di kaki gunung Gede Pangrango, Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan dan masih bagian dari Kecamatan Cipanas.

LITTLE VENICE, KOTA BUNGA, CIPANAS, CIANJUR

Ternyata di Jawa Barat, ada tempat dengan suasana seperti di Venesia, Italia, lengkap dengan gedung bercorak eropa, sungai dan gondolanya (perahu khas venisia). Little Venice sebenarnya bagian dari kompleks Kota Bunga, yaitu komplek perumahan villa yang anda di cipanas. Jarak tempuh dari Jakarta ke Kota Bunga bila dihitung dari cawang sekitar 80Km dengan waktu perjalanan 2jam, namun karena puncak selalu macet, estimasinya yang tepat sekitar 3jam-an. Wah gak perlu jauh-jauh ke luar negeri sampai ke eropa, ternyata cukup ke cianjur saja hehehe…

sesampainya di sana, ada pintu masuk untuk ke komplek kota bunga, tanya satpam bila bingung. Suasana komplek perumahannya juga keren, rumah-rumah villa yang ada sangat bagus dan macam2 stylenya, ada yang eropa, ada yang asian-japanese or chinese arsitekturnya.

20180303_140202.jpg
Gerbang depan Little Venice, Kota Bunga, Cipanas, Cianjur (fotonya levitasinya :p)

Pilar-pilar temboknya berwarna pink, pas banget dengan outfit istri saya, sehingga dia sangat happy hehe.

 

Di Miniatur Kota Venesia buatan ini ada danau yang sangat besar serta dermaga yang indah, dimana ada kapal yg tertambat di dermaganya, kemudian ada gedung yang berwarna-warni dengan model eropa. Ada sungai buatan yang mengelilingi gedung dan bermuara di danau. Di tengah2 ada lapangan besar di mana ada berbagai macam permainan untuk anak-anak seperti pasar malam. Ada juga kios yang menjual souvenir.

Rasanya kurang afdol bila belum mencoba berkeliling menggunakan perahu gondola yang tersedia. Jadi kami pergi ke dermaga dan mencoba gondolanya, harga tiketnya 20ribu rupiah saja. Ada juga perahu yang lebih besar dengan ornamen naga yang kapasitasnya 5-10 orang. kami memilih gondola karena hanya berdua saja dan biar lebih romantis. Jangan khawatir untuk mengayuhnya sendiri, karena ada orang yang berpakaian italia yang akan mengayuh untuk anda. Mereka pun bisa diminta tolong untuk mengambilkan foto anda.

Seru kan. Masih banyak spot foto yang menarik di sini. Oh ya ada permainan dingdong loh, kayak di funstation, game machine seperti basketball dan lain-lainnya. Suasananya sangat nyaman untuk jalan-jalan dan berfoto-ria.

Mengenai Fasilitas, toilet dan musholla tersedia. Nah setelah puas foto-foto, kami kembali ke parkiran, sayangnya mendadak hujan deras, jadi kami menunggu di dalam sekitar 1jam-an, baru bisa pulang. CIanjur dan Bogor sering hujan, jadi pastikan anda selalu membawa payung ya.

Oh ya berikut infor tiket masuk dan waktu bukanya :

Harga Tiket Little Venice Bogor

Tiket Masuk Hari Biasa Harga (Rp.)
Dewasa Rp 25.000
Anak-anak Rp 20.000
Tiket Masuk Hari Libur  Harga (Rp.) 
Dewasa Rp 40.000
Anak-anak Rp 30.000
Tiket Fun  Harga (Rp.)
Tiket Masuk, Mississipi dan Gondola Rp 35.000

*Harga Sewaktu-waktu Dapat Berubah

Jam Operasional Little Venice Bogor

Jam operasional atau jam buka little venice bogor dibuka hari Senin, Kamis dan Jumat pukul 08.00-16.00 WIB dan hari Sabtu, Minggu dan Hari libur pukul 08.00-18.00 WIB.

informasi lebih lanjut mengenai wahananya bisa cek di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.