Indahnya Taman Bunga Nusantara Cianjur

TAMAN BUNGA NUSANTARA

Okee…hari kedua di cianjur, sesudah pulang dari Gereja Paroki Santa Maria Ratu Para Malaikat, kami kembali ke hotel dan berkemas-kemas untuk check-out dari Hotel Palace Cipanas. Sesudah itu, kami langsung berangkat ke Taman Bunga Nusantara. Alamatnya persisnya di jalan Mariwati KM 7, desa Kawungluwuk, kecamatan Sukaresmi, Cianjur. Dari Hotel, belok ke arah kiri, dan menuju ke depan istana presiden cipanas, kemudian belok kanan dari seberang istana masuk ke Jalan Mariwati.

Awal perjalanan tidak terlalu macet, namun akan sering berpapasan dengan angkot dan mobil. Suasana cukup ramai, karena di kiri-kanan ada ruko dan kios, di tengah jalan sudah akan mendingan. Namun di mendekati persimpangan akan macet sekali, suasana jalan yang sempit, dan kiri-kanannya ramai dengan toko dan kios, serta ada pasar, bahkan ada motor yang sampai terjatuh di belakang mobil kami. Perjalanan 7Km ini ditempuh kira-kira 30menit.

Sampailah kami di Taman Bunga Nusantara.

Peta dari web Taman Bunga Nusantara

informasi lebih lanjut di webnya

Harga Tiket Masuk & Parkir Taman Bunga Nusantara

  • Tiket Masuk Rp 40.000
  • Dotto Trains Rp 50.000
  • Garden Tram Rp 50.000
  • Wira Wiri Rp 5000
  • Rumah Kaca Rp 5000
  • Maze Garden Rp 1000
  • Parkir motor Rp 10.000
  • Parkir mobil Rp 15.000
  • Parkir minibus Rp 20.000
  • Parkir bus Rp 25.000

Begitu masuk kita akan melihat hamparan bunga yang indah. Yang Paling menarik perhatian adalah air mancur dan kolam air bertingkat serta kebun bunga yang disusun menyerupai sayap Burung Merak, lengkap dengan Burung Merak raksasa. Cek penampakannya gan :

Burung Merak Raksasa

 

Kolam Air Mancur bertingkat

 

Foto-foto bunga lainnya :

 

Tempatnya luas sekali untuk jalan-jalan dan lumayan jauh. Jangan lupa untuk membawa payung, suasana pagi-siang hari cukup panas dan agak silau. Gak heran kan kami pakai kacamata hitam dan payung besar. Bagi yang capai berkeliling jalan kaki, bisa naik kereta trem :

  • Dotto train / kereta dotto. Berupa miniatur kereta yang mengitari area sekitar taman bunga nusantara. Anda bisa naik dengan tiket Rp 50.000. Dotto trains hanya beroperasi di weekend dan hari libur nasional saja.
  • Garden tram. Sama seperti dotto trains hanya saja berbentuk tram. Beroperasi setiap hari. Harga tiket Rp 50.000
  • Mobil wira wiri. Mengelilingi taman, disertai dengan panduan informasi taman berupa kaset/rekaman suara. Tiket Rp 4000.
20180304_130657
foto depan tremnya aja. tetep jalan kaki hehe

Sedang kami memilih berjalan-kaki sambil foto-foto hehe. Oh ya ada banyak sekali pilihan area taman dengan tema yang berbeda. Butuh waktu seharian untuk menuntaskan semua taman, jadi teman-teman sebaiknya dari awal sudah plan mau ke taman dengan tema mana aja yang jadi sasarannya.

Berikut link untuk mengecek daftar taman yang ada : taman2 di taman bunga nusantara

  • Taman Air
  • Taman Mawar
  • Taman Perancis
  • Taman Rahasia (labyrin)
  • Taman Bali
  • Taman mediterania
  • Taman Palem
  • Taman Gaya Jepang
  • dll

TAMAN GAYA JEPANG

Nah, salah satu taman yang kami kunjungi adalah Taman Gaya Jepang. Begitu anda memasuki taman, anda akan menemukan unsur – unsur utama taman Jepang, yaitu: batu-batuan, kayu, kesederhanaan desain, kolam, gerakan air, dan kesunyian.

 

Salah satu spot foto yang instagramable buat kami adalah 2 pohon yang berdampingan dgn kursi taman di tengahnya. Cek penampakannya

 

TAMAN LABYRIN

Selain taman gaya jepang..kami juga tertarik dengan taman berbentuk labirin dari tanaman hijau. Jangan tanya tanamannya apa karen kami juga tidak tahu hehehe. Nanti di tengah2 labirin ada tamannya lagi dengan rumput yang berbentuk binatang dgn pose yang jenaka. Cek lagi gan penampakannya :

 

Bagus kan? Ada bebek yang berbaring malas dan saya juga ikut berbaring di sampingnya hehe.

TAMAN YANG ADA DINOSAURUS

Nah perjalanan kami lanjutkan mengelilingi danau besar, di seberang danau ada taman bali..namun karena jaraknya cukup jauh dan kami sudah cukup lelah..kami berbalik ke arah pintu masuk namun dari sisi kanan..

Kali ini kami menemukan dinosaurus tanaman dan jam besar. Cek penampakannya gan:

 

Oke…puas sekali jalan jalannya di taman ini…hari sudah siang sekitar jam1an..so kami kembali ke pintu masuk dan disana..kami singgah di toilet..sebelum keluar dan melanjutkan perjalanan ke jakarta. Sebenarnya masih banyak taman yang bisa diexplore..namun karena keterbatasan waktu, mengingat target untuk tiba kembali di jakarta sebelum sore. Bagi rekan2 yg mau puas explore harus menyiapkan waktu 1harian full di sini. Kalau bawa anak2 mungkin mereka akan sangat senang.

Sebenarnya juga ada restoran arab di pintu masuk yang kelihatan menarik untuk dicoba..Restoran arab? Kok bisa? Ya Puncak dan cipanas memang terkenal di kalangan wisatawan dari arab, jadi tidak heran banyak wisman timur tengah yang mengunjungi taman ini dan jadi peluang yang bagus untuk membuka restoran arab. Mungkin lain waktu kami akan mengunjungi taman ini plus makan di sana.

So saatnya kembali ke Jakarta. Sampai jumpa Taman Bunga Nusantara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.