Merayakan Paskah di Lembah Karmel, Cipanas

Setiap tahunnya umat Gereja Khatolik merayakan Pekan Paskah, dengan puncaknya adalah Tri Hari Suci. Pada umumnya mayoritas umat khatolik akan rajin pergi ke gereja karena ada misa berturut-turut mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci (Vigili) dan Hari Raya Paskah (Minggu). Ke gereja untuk misa sampai 4 hari berturut-turut loh, wauh. Nah biasanya gereja-gereja juga akan sangat padat saat perayaan misa tri hari suci ini. Banyak orang yang akan datang 1-2 jam sebelum misa, untuk memastikan dapat tempat duduk. Jalanan ke gereja juga (khususnya jakarta) bakal macet dan cari parkir juga susah.

Apalagi Jumat Agung adalah hari libur nasional, maka liburnya jadi 3hari berturut-turut alias long weekend. So pas banget bagi masyarakat untuk sekalian travelling. Karena 3hari libur mulai dari Jumat, dan bakal PR banget untuk misa di Jakarta, ada satu alternatif yang menarik bagi umat khatolik yang ingin merasakan fokus beribadah dan tidak perlu dipusingkan dengan pergi ke gereja berkali-kali, yaitu merayakan Pekan Suci di Lembah Karmel.


Iya, kenapa gak nginep aja kan ya? di satu tempat yang ada misanya berturut-turut, selesai misa bisa langsung istirahat di penginapan, pas mau berangkat misa juga tinggal jalan kaki, sebagian besar waktu bisa dimanfaatkan untuk berdoa, bermeditasi, rehat sejenak, anak-anak juga bisa bermain dengan suasana yang tenang dan asri. Cocok untuk keluarga yang ingin khusyuk beribadah selama tri hari suci dan rehat sejenak dari kepenatan Jakarta. Jawabannya ada di sini, ke Lembah Karmel Cikanyere.


Lembah Karmel Cikanyere

20180330_140619

Lembah Karmel adalah tempat retret yang terletak di Cikanyere, Sukaresmi, Cianjur yang dikelola oleh Ordo Carmelite Santae Eliae (CSE) dan Putri Karmel (P. Karm). Selain tempat retret, Lembah Karmel juga merupakan biara dan pertapaan rohaniwan/rohaniwati CSE dan P.Karm. Tempat ini didirikan oleh pendiri Ordo CSE, Romo Yohanes Indrakusuma, CSE.

Jarak tempuh perjalanan bila dihitung dari Cawang, Jakarta sekitar 85km. Rute umumnya melewati tol jagorawi, exit di taman safari-puncak, kemudian ambil jalan raya puncak sampai ke cikanyere. Waktu tempuhnya kira-kira 3 jam. Ada juga rute alternatif (transyogi-jonggol), lewat tol, keluar di cibubur, seterusnya jalan biasa-cileungsi-sampai-jonggol. Rute ini boleh dicoba bila situasi macet di Puncak. Namun jaraknya lebih jauh kira-kira 100km dan sedikit lebih lama sampainya, tapi sepi, tidak macet hehehe..

Semua kegiatan retret yang diselenggarakan oleh Ordo CSE, Putri Karmel maupun kongregasi awamnya yakni Komunitas Tritunggal Mahakudus (KTM) untuk wilayah sekitar Jakarta, Bandung dan Bogor dilakukan di sini. Selain di cianjur, ada 2 tempat retret milik ordo CSE lainnya di Pertapaan Karmel Tumpang, Malang, Jawa Timur, dan di Bandol, Bengkayang, Kalimantan Barat.


Jadwal retret Lembah Karmel Cikanyere

  • Telp.0263 – 582062 Fax. 0263 – 582063
  • HP 0812-1800194, 0821-10005014
  • Email: rrcikanyere@gmail.com
  • Waktu Pendaftaran: Selasa – Sabtu pk 08.00 – 16.00
  • Khusus hari Senin tidak menerima pendaftaran retret dan tamu

Merayakan Pekan Paskah di lembah karmel.

20180330_164420
Suasana Misa Jumat Agung di Lembah Karmel, Cikanyere

Lembah Karmel setiap tahunnya menyediakan Paket Retret Paskah dan Natal, dimana keluarga/perorangan bisa menghabiskan waktunya selama masa Paskah/Natal untuk fokus beribadah dan mengikuti berbagai kegiatan retret sepanjang hari di sini.

IMG-20180325-WA0003
Harga paket retret per orang per tipe kamar
IMG-20180325-WA0004
Jadwal Tri Hari Suci, menginap dari Kamis malam sampai Minggu Paskah siang.

Anda bisa menginap mulai dari kamis malam, dengan didahului Misa Kamis Putih di sini. Bagi anda yang masih bekerja umumnya sulit untuk berangkat dan tiba di sana, sebelum Misa Kamis Putih. Sama seperti saya juga berangkatnya pun memilih hari Jumat pagi, karena hari kamisnya masih bekerja. Bebas mau check-in kapan saja, tinggal memberitahu petugas sekertariat saat pendaftaran.


Paket paling murah adalah 375ribu rupiah untuk menginap di kamar kapasitas 4 orang selama 4 hari 3 malam, dengan full konsumsi sarapan, makan siang, makan malam (kamis- makan malam saja, dan minggu sarapan-makan siang saja). Sangat murah dan sangat terjangkau. Mau dapat di mana menginap plus makan 3x sehari selama 4hari dengan membayar 300ribuan? Paket menginap ini memang harganya terjangkau, karena tidak mencari untung, hanya sebagai biaya pengganti penginapan dan makan, biaya untuk retret sebenarnya tidak ada sama sekali.


Ibadah Devosi Mater Dolorosa.

Salah satu contoh kegiatan ibadah favorit saya adalah Devosi Mater Dolorosa (7 Duka Maria) di hari sabtu pagi, dimana kita diajak untuk berjalan sambil berdoa merenungkan duka Bunda Maria dengan 7 titik perhentian di alam bebas, dengan suasana pemandangan alam yang indah. Ibadah Jalan Salib juga ada tapi di hari Jumat Pagi, jadi anda sudah harus di sana sebelum Jumat pagi.

Ibadah Alam Mater Dolorosa (7 Duka Maria)

Semua kegiatan doa, ibadah, refleksi, dan misa yang tersedia bebas diikuti. Tentu disarankan sebisa mungkin untuk mengikuti semua kegiatan yang ada. Di sini kita diajak untuk sebisa mungkin memanfaatkan waktu untuk beribadah dan merasakan suasana kehidupan di biara, di mana para frater dan suster tinggal. Hari-harinya dari pagi sampai malam diisi dengan doa. Siapa tahu di antara saudara/i nanti ada yang terpanggil dengan cara hidup membiara ini hehe, amen. 🙂

Suasana Misa Sabtu Suci-Lembah Karmel Cikanyere

Selain suasana tenang yang membantu kita untuk fokus/khusyuk berdoa, pemandangan yang indah, udara yang segar dan sejuk bisa dinikmati oleh anak-anak kita. Ada alat-alat taman permainan untuk anak-anak. Jadi tidak heran banyak sekali keluarga yang menginap dan mengikuti paket retret ini. Ketimbang repot bawa anak-anak ke gereja 4hari berturut2, cari tempat duduk dan cari parkir susah, mendingan dibawa ke sini hehehe sekalian rekreasi rohani sekeluarga.

Oh iya, di hari minggu sesudah Misa Hari Raya Paskah, ada games2 untuk anak-anak bersama frater2 dan suster2…seperti mencari telur paskah dan sebagai. Jangan dilewatkan ya..bagi yang bawa anak kecil.

Saya sendiri pribadi hitung2 sudah 4-5x menghabiskan pekan suci di sini. 2-3x karena memang bertugas mewakili komunitas KTM muda sebagai usher/tatib dan 2x karena ingin menjadi umat biasa mengikuti semua kegiatan doa yang ada. Saya pribadi memang lebih prefer waktu Paskah, karena jadwal liburan yang tidak sepanjang Natal dan karena memang harus ke gereja berturut-turut, tidak mungkin juga travelling jauh-jauh kan..serba nanggung. Beda sama Natal yang biasanya memang libur panjang sampai tahun baru dan umumnya banyak orang yang memilih sekaligus travelling/pulang kampung. Tapi bagi anda yang mau mencoba saat Natal, kenapa tidak? hehe silahkan saja..ayo!!

Oke, Paskah tahun depan, ke sini ya!!


Pastikan untuk mengecek jadwal terbaru di Jadwal retret Lembah Karmel Cikanyere dan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai komunitas karmel ini, silahkan kunjungi website KTM di holytrinitycarmel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.