Honeymoon ke Nusa Penida – Bali

Pernah dengar Nusa Penida? Nusa Lembongan? Dan Nusa Ceningan? Kalau belum pernah dengar dan kesana..berarti ada yang kurang nih soal Bali. YA, tiga nusa atau pulau ini adanya di propinsi Bali. Tepatnya di sebelah timur bali, berhadapan dengan pantai sanur.

Biasanya kalau liburan ke bali, mungkin rekan-rekan lebih mengenal objek-objek wisata yang sudah sangat terkenal sebagai landmarknya bali seperti Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, Pura Uluwatu, Denpasar, Ubud, Kintamani dan banyak lainnya. Semua destinasi tersebut ada di dalam pulau bali.

Nah ada satu alternatif bagi pecinta pulau dan pantai, hobi surfing dan snorkeling dan yang menyukai suasana alam yang instagrammable untuk berburu foto cantik yakni Nusa Penida, Lembongan dan Ceningan. Kepulauan kecil ini mengingatkan saya kepada Lombok dengan tiga gili(pulau) nya yang terkenal yakni gili trawangan, gili air dan gili meno. Ini mirip loh..sama-sama tiga pulau, namun letaknya masih di propinsi bali.

Biasanya tur-tur honeymoon membuat paket sekaligus bali dan lombok (gili trawangan). Jadi anda harus menyeberang dari bali di pertengahan tur ke lombok. Nah kalau naik ferry dari bali ke lombok bisa memakan waktu 4-6jam. Wauh kebayang kan? Makanya ada yang prefer naik pesawat hehe..apalagi kalau anda tidak kuat dengan mabuk laut.

Nah alternatif yang cocok yakni berkunjung ke nusa penida dengan jarak tempuh ferry 30menit-1jam. Dekat dan tidak terlalu lama. Fasilitasnya pun sudah sangat lengkap seperti di bali dan lombok. Hotel-hotel resort, losmen, tempat penginapan dan restoran sudah sangat banyak. Penyewaan kendaraan umum juga sudah banyak.

WHY NUSA PENIDA?

Pulau ini terkenal dengan spot-spot pemandangan alam yang sangat instagrammable. Jangan heran bila melihat foto-foto yang beredar di instagram sebagian besar telah diposting oleh wisatawan mancanegara alias bule-bule. Ya, mereka2 yang berada di luar indonesis justru sudah lebih update daripada kita wisatawan lokal. Saya juga terinspirasu dari foto-foto yang dipost tersebut dan memutuskan untuk trip mandiri ke sana.

MENGINAP DI NUSA LEMBONGAN

Untuk pilihan menginapnya, kami memutuskan di pulau yang lebih kecil dari penida yakni Nusa Lembongan. Karena ternyata resort-resort hotel dan penginapan yang indah banyak tersedia di pulau ini. Salah satu yang menarik perhatian saya ketika browsing2 menjelajahi dunia maya adalah Maharaja Resort Nusa Lembongan. Sekilas fotonya seperti di maldives dengan pemandangan pasir putih yang terhampar luas dan langit biru cerah beserta pohon-pohon kelapa yang beraturan.

ITINERARY LIBURAN

Kami memutuskan akan melakukan trip honeymoon singkat hanya 4 hari 3 malam. Hari pertama kami berangkat dari Jakarta menggunakan pesawat pagi dan tiba di bali. Kemudian kami order grab dan menuju pelabuhan pantai sanur untuk menyeberang. Sesampai di Pantai sanur kami menemukan pos penyeberangan dna membeli tiket di tempat untuk 2 orang. Di sini anda akan bertemu dengan mayoritas wisatawan asing dari korea dan eropa/amerika. Wisatawan lokalnya? Bisa dihitung dengan jari..sangat sedikit. Terbukti kan, nusa ini masih menjadi alternatif destinasi yang asing untuk wisatawan lokal. Kami menunggu sekitar 1jam untuk berangkat. Sambil menunggu kami berfoto di tulisan raksasa traveloka di pantai sanur dan breakfast.

To be continued

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s