Libur lebaran ke museum kekinian di Jakarta dan Alam Sutera

Bila hari pertama lebaran kami ke Bogor, lantas hari keduanya kemana? Tadinya ada plan ke sukabumi, namun melihat informasi traffic yang katanya keluar tol dari bogor ke arah sukabumi yakni tol bocimi (bogor-ciawi dan sukabumi) mulai macet padat, kami jadi ragu untuk berangkat. So, akhirnya kami pindah haluan kembali ke Jakarta.

Saya pun browsing2 lagi dan menyiapkan itinerary baru untuk bepergian. kali ini temanya museum dan seni. Kami plannya ingin mengunjungi beberapa museum dan galeri kesenian yang sedang kekinian. Kesan liburan ke museum kan selalu old-school, kuno and boring/membosankan. Padahal sekarang sudah banyak alternatif museum dengan ragam seni kontemporer dan kekinian, museum gak lagi boring.

Beberapa ide museum yang oke dikunjungi anak muda (pendapat penulis) :

  • Museum Nasional Indonesia ,Museum yang dikenal dengan nama lain Museum Gajah ini menyimpan 160.000an benda-benda bernilai sejarah yang terdiri dari 7 jenis koleksi Prasejarah, Arkeologi masa Hindu – Budha; Numismatik dan Heraldik; Keramik & Emas; Etnografi, Geografi dan Sejarah. Komplek museum ini memiliki dua gedung A dan B. Sedikit info utk instagrammer, Gedung B ini di bagian dalam tengahnya ada taman yang bagus utk latar foto kekinian hehehe
  • Galeri Nasional Indonesia ,Galeri Nasional indonesia menyimpan,menghimpun dan memamerkan karya seni rupa seperti lukisan, patung, keramik, fotografi, seni kriya dan seni instalasi. Galeri Nasional indonesia memiliki sekitar 1785 koleksi karya seniman Indonesia dan manca negara. Banyak Pameran dengan tema yang beragam setiap minggu/bulan, jadi gak ngebosenin.
  • Museum Macan , singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara adalah galeri eksibisi seni kontemporer terbaru di jakarta. Setiap minggu/bulannya ada pameran lukisan, sketsa atau seni instalasi kekinian. Museum ini lagi hits di kalangan anak muda Jakarta.
  • Museum Alive – Ancol Beach City, Salah satu wahana terbaru di mall di dalam ancol yang terdiri dari 2 wahana yakni Alive Museum 3D yang menyajikan ilusi 3 dimensi yang memanjakan mata dan cocok untuk berfoto-ria. Alive Star yang menampilkan patung lilin dari berbagai tokoh ternama dari bintang dunia, Holly-wood, penyanyi, celebrity, dan artis K-Pop Korea.
  • Museum Upside Down World Alam Sutera, Museum dunia terbalik kini hadir juga di dekat jakarta yaitu di alam sutera, tangerang, di mana anda bisa berfoto dengan ilusi seolah-olah terbalik dan melayang di udara. Cocok untuk menambah koleksi fotonya para instagrammer .

Plannya hari ini kami akan mengunjungi semuanya, walau belum tentu semua bisa dikunjungi. Dan ternyata setelah kesana, ternyata memang Museum Macan infonya belum buka dan Galeri Nasional juga masih tutup. So praktis 3 yang kami kunjungi.

MUSEUM NASIONAL INDONESIA

20180617_112842
halaman depan museum nasional/gajah dengan lingkaran spiral hitamnya yang terkenal

Tujuan pertama kita pagi ini adalah Museum Nasional Indonesia. Museum yang terletak di jalan Medan Merdeka Barat no.12 ini memang salah satu tempat bersejarah yang wajib dikunjungi oleh murid, mahasiswa dan kita masyarakat umum. Kenapa? Ilmunya banyak dan koleksinya lengkap hehehe. Karena museum B nya sedang direnovasi kami hanya ke gedung A. Museum ini di gedung A terdiri dari 4 lantai :

  • Lantai pertama mengenai manusia dan lingkungan, mulai dari zaman purbakala, ada fosil-fosil tengkorak dan tulang manusia
  • lantai kedua mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi yang menyimpan berbagai koleksi seperti aksara dan bahasa, sistem hukum, astronomi, navigasi, dsbnya
  • Lantai tiga mengenai oganisasi sosial dan pola pemukiman yang menyimpan koleksi berupa peralatan sehari-hari, perhiasan, prasasti, benda-benda religi, benda-benda simbol kekuasaan, pakaian, dan lain-lain.
  • Lantai empat mengenai koleksi emas perhiasan, mahkota dan hasil karya keramik. Oh ya di lantai empat ini khusus bagian koleksi emas, tidak boleh berfoto. Jadi kami hanya berfoto dengan latar dinding yang penuh dengan pigura foto.
20180617_123836
Museum Nasional lantai 4, abaikan perut buncitnya

Untuk tiket masuk, harganya sangat terjangkau, hanya 5000 rupiah per orang dan biaya parkirnya pun flat 5000 rupiah saja.

20180617_113342

Bagi yang naik busway dapat berhenti di halte busway Monas. Museum ini persis diseberang haltenya 🙂

Jam Operasionalnya:
Selasa-Kamis 08.00-16.00
Jumat 08-11.30, 13.00-16.00
Sabtu-Minggu 08.00-17.00
Senin dan Hari Libur Nasional TUTUP

Tiket Masuknya: Dewasa IDR 5K, Anak-Anak IDR 2K, Turis Asing IDR 10K

MUSEUM ALIVE-ANCOL BEACH CITY

20180617_154318.jpg

Museum ini terletak di mall di dalam kawasan ancol yakni Ancol Beach City. Mungkin banyak yang belum tahu mengenai keberadaan mall ini. Mall ABC atau Ancol Beach City ini lokasinya di dalam komplek taman impian jaya ancol. saat masuk menggunakan mobil anda akan kenal tarif 25ribu rupiah dan per orang juga kena tarif masuk 25 ribu rupiah. So kalo minimal 4 orang plus 1 mobil = 4+1 x 25ribu = 125 ribu rupiah. Memang lumayan juga sih, belum ngapa-ngapain sudah kena charge di depan haha. Tapi untuk pengalaman yang tidak terlupakan why not ya.

ancolbeachcitygalery-03.jpg
Mall Ancol Beach City

Mall ini menarik perhatian saya, karena posisinya persis di pinggir pantai ancol dan pasir pantainya pun putih, lengkap dengan dermaga yang bisa dikunjungi untuk berfoto-foto bersama keluarga. Jarang kan ada mall yang benar2 posisinya persis pinggir pantai. Tidak seperti pantai umum ancol yang dulu berbatu-batu, tanpa pasir dan kita tidak bisa bermain air, di sini kita bisa menggelar tikar dan bersantai bersama keluarga. Kalau bosan bisa jalan kaki sekian meter ke mall dan banyak restoran dan perbelanjaan

Nah di lantai 3 nya mall inilah, lokasi Museum Alive-nya. Seperti disampaikan di atas, Museum Alive terdiri dari dua wahana yakni Alive Museum 3D dan Alive Star. harga ticket masuknya per wahana adalah 100ribu rupiah dan ada promo jika ingin mengakses kedua wahananya ticket gabungan sebesar 150ribu rupiah. Harganya memang tergolong premium. Namun kalau dipikir-pikir di luar negeri kita rela membayar tiket semahal itu, so still okeylah hehe. Bagi yang tertarik dan budget terbatas dapat membeli tiket secara online di traveloka dengan diskon sampai dengan 20%

  • Alive Museum or Alive Star dari 100ribu rupiah menjadi 80ribu rupiah
  • Alive Museum + Alive Star combo 150ribu rupiah

Berikut foto-foto keseruan kami di Museum Alive 3D :

MUSEUM UPSIDE DOWN WORLD ALAM SUTERA

Tempat ketiga yang kami kunjungi kali ini lokasinya ada di serpong, tepatnya di Jalan Alam Sutera Boulevard Blok 10 No. 5-6, Pakulonan, Serpong.

Baru dibuka pada Desember 2016 silam, Upside Down World yang terletak di Alam Sutera segera menjadi wisata foto kekinian. Sebelumnya Museum terbalik atau upsidedown serupa sudah ada di Bali, Bandung, atau Yogyakarta. Nah Upside Down World bisa menjadi salah satu alternatif buat warga di jakarta, sehingga tidak perlu ke luar kota yang jauh-jauh hehe.

HTM NORMAL Dewasa : 100rb | Anak : 50rb. Weekday starts from 11.00 – 21.00 Weekend starts from 10.00 – 20.00

Harganya memang tergolong premium. Sama seperti di Museum Alive, namun ada solusinya, anda dapat membeli tiket secara online di tiket.com dengan diskon sampai 35% loh :p

  • Tiket dewasa dari 100ribu rupiah menjadi 65ribu rupiah saja
  • Tiket anak-anak dari 50ribu rupiah menjadi 35ribu rupiah saja

Berikut keseruan foto-foto terbalik kami di sana. Oh iya di sini ada petugas yang dengan senang hati menemani kita berfoto dan membantu mengambilkan foto kita loh. Variasi Ruangannya juga banyak dan lucu-lucu. Hasilnya bagus2 dan jempolan deh.

Dan ada photo contestnya setiap bulan di di instagramnya instagram upsidedownworldalsut upload fotomu dan tag mereka ya.

Demikian petualangan hari ini, ternyata liburan hanya di jakarta bisa juga ya…kenapa gak hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.