Jalan-jalan ke Hong Kong dan Macau Part3 – Big Buddha Ngong Ping

Nah Itinerary hari ketiga saya awal sempat harus memilih antara atraksi wisata Hong Kong Disneyland atau Big Buddha? Setelah mempertimbangkan mayoritas anggota team adalah orang dewasa dan tidak ada anak-anak, serta kayaknya bakal malas berkeliling di tempat wisata yang luas bukan main dari satu permainan ke permainan lain, kayaknya gak deh haha. Maka saya prefer Big Buddha di Ngong Ping di Pulau Lantau. Ini juga saran bagi rekan-rekan yang menyusun itinerary, sesuaikan minat atraksi wisatanya dengan peserta trip ya. :p

Perjalanan untuk melihat salah satu Patung Buddha terbesar di Asia ini akan menggunakan cable-car Ngong Ping 360. Wauh seru ya hehe?

Sekilas info :

Patung Tian Tan Buddha (dikenal juga sebagai Big Buddha) didirikan pada 1993 di area biara Po Lin. Berdiri menghadap utara setinggi 34 meter, patung Buddha perunggu ini menarik pengunjung dari setiap sudut Asia. Konon (dan memang benar walau saya gak hitung) kita harus menaiki 268 anak tangga untuk melihat patung ini lebih dekat dan menikmati pemandangan gunung dan laut dari dasarnya.

Ngong Ping 360

Untuk pergi menuju Big Buddha dan komplek Biara Po Lin ini ada dua cara yakni menggunakan bus umum atau cable car. untuk pengalaman yang lebih berkesan, tentu menggunakan cable car. Tapi kalau anda menggunakan cable car, antriannya panjang, jadi usahakan untuk datang ke stasiun MTR Thung Chung sedini mungkin. Kami juga mengantri seperti foto di bawah ini, kurang lebih 1 jam. soalnya ramai sekali turis yang ingin naik cable car. Oh ya ada dua tipe cable car yang anda bisa pilih, untuk harga premium, anda bisa mendapatkan kabin dengan lantai dari kaca tembus pandang, so pemandangan bakal wauh tapi awas bagi yang takut ketinggian. Kami menggunakan yang kabin standar saja hehehe.

5a
Ngong ping 360 cable car hongkong
6
Ngong ping 360 cable car hongkong

 

Ngong Ping Village

Sesampainya di Ngong Ping Village, kami berjalan kaki menuju Ngong Ping Piazza, lapangan dan tempat di mana ada Patung Buddha. Nah suasananya sangat asri dan bersih. Memang tempat wisata yang layak dan terjaga kerapiannya. Ada restoran dan banyak toko souvenir.

Ngong Ping Piazza, ditandai dengan adanya Pintu Gerbang/Gapura besar dengan nama New Pai Lau. Sesudah memasukinya, kita akan berjalan menyusuri Bodhi Path, yaitu sebuah jalan lurus yang di sisi kiri dan kanannya terdapat patung 12 Divine General, patung – patung ini mewakili 12 zodiak dan interval waktu 2jam (24jam dibagi 12) dalam 1 hari.

 

Kebetulan, saya sempatkan mengambil semua fotonya hehe. Nah setelah melewati bodhi path, kita sampai di lapangan besar bernama Di Tan, tempat ini biasa digunakan untuk upacara keagamaan. Awas panas matahari menyengat di siang hari, jangan lupa bawa topi atau payung hehehe. Dan di belakang saya, anda bisa melihat anak tangga menuju Big Buddha

Oke, saatnya bersiap-siap untuk menaiki 268 anak tangga. Silahkan cek penampakannya, tinggi banget kan hehe. Selfie dulu di tengah perjalanan di atas tangga.

Sesampai di atas, pemandangan sangat indah. Kita bisa melihat panorama perbukitan yang hijau di sekelilingnya dan lautan di sisinya, suasana seperti di dalam film kung-fu. Patung Tian Tan Buddha yang terbuat dari perunggu setinggi 34 meter ini terlihat sangat besar, benar-benar Big Buddha. Selain Patung utama Big Buddha terdapat juga patung 6 Bodhisattva yang mengelilingi Big Buddha.

Di bawah patung Tian Tan Buddha ada ruangan museum dan dipercaya bahwa terdapat relik Buddha Gautama di dalamnya, pengunjung tidak diperbolehkan mengambil gambar di tempat tersebut. Untuk masuk, ada tiketnya khusus. Saya hanya mengambil di bagian depan sebelum masuk museumnya. Cocok untuk adegan Film Kung-Fu hehehe.

Ngong Ping dan Big Buddha memang layak dan wajib untuk anda kunjungi. Suasana alam yang indah menjadikan pengalaman spiritual yang indah untuk semua orang. Perbukitan indah dengan Gapura besar menjadi foto favorit saya seperti di bawah ini.

20161008_122413
Ngong Ping Piazza

Sesudah itu kami melanjutkan dengan makan siang, dan berbelanja di CityGate Mall, masih di area lantau island ini. Nah malam setelah kembali ke hotel untuk istirahat, beberapa di antara kami, kembali ke Tsim Sha Tsui Promenade, untuk melihat suasana malam harinya dan pertunjukan cahayanya A Symhony of lights. wah apa itu?

Tsim Sha Tsui Promenade Malam Hari

12
Suasana Malam dari Tsim Sha Tsui Promenade

Mengunjungi Promenade ini wajib dilakukan 2x menurut saya, yakni di siang hari menjelang sore maupun malam hari. ya bagi yang nanggung, sekalian aja nungguin sampai malam ya hehe biar gak bolak balik. Nah tepat di jam 8 malam, ada pertunjukan cahaya atau dikenal dengan nama Symphony of lights dengan laser dan pencahayaan dramatis dan full color. Mirip seperti di marina bay sands singapore. Sayangnya kami sampai lewat dari jam 8 malam :(. Walau begitu pemandangannya tetap menawan hati. Refleksi cahaya dari gedung-gedung yang jatuh ke lautan yang berombak tenang sungguh menggetarkan hati. Lengkap dengan desahan angin laut yang kencang dan kapal-kapal hias yang berlayar. Pokoknya sangat menyenangkan melewatkan malam di sini. banyak sekali turis-turis dan anak-anak muda HK menghabiskan malam di sini.

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Jalan-jalan ke Hong Kong dan Macau Part3 – Big Buddha Ngong Ping”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.