Wisuda adik dan liburan di jogjakarta part2

Kalau kemarin kami sedikit keluar kota ke Pantai Parangtritis, maka hari ini kami akan pergi ke tempat wisata yang jaraknya dalam kota. Dari Malioboro, kami menggunakan becak mengunjungi Taman Sari Keraton Yogyakarta. Jarak dari Malioboro ke sana sekitar 2,5KM, dapat ditempuh dengan becak atau ojek atau taxi. Kami iseng saja naik becak, saya lupa biayanya berapa, ya, namanya juga mendukung perekonomian penduduk setempat hehe.

TAMAN SARI JOGJAKARTA

DSC_0192

Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kebun ini dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765. Awalnya, taman yang mendapat sebutan “The Fragrant Garden” ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air.

Tempat yang berada di alamat Jl. Nogosari No.6, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta ini konon dibangun sebagai tempat rekreasi raja keraton beserta keluarganya. Memasuki komplek ini, ada tiket masuknya.

Harga Tiket Taman Sari Yogyakarta

Kategori Wisatawan Lokal Wisatawan Asing
Tiket Masuk Rp 7.500 Rp 15.000
Tiket Kamera Rp 3.000

Biasanya didepan pintu masuk akan ada jasa pemandu wisata atau tour guide, membantu menjelaskan mengenai bangunan bersejarah Jogja ini. Untuk dapat menikmati jasa tersebut dapat dibayar sukarela atau biasanya sekitar 20-30ribu rupiah. Saran saya, sebaiknya ambil saja, toh bisa membantu mengambilkan foto hehe.

Arsitektur yang menarik dan ada seperti aksara jawa dan pahatan yang menarik menghiasi dinding salah satu gedungnya. Menarik, ternyata ada objek wisata ini di tengah-tengah kota Jogjakarta.

DSC_0237

Kompleks Taman Sari setidaknya dapat dibagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat. Bagian selanjutnya adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun.

Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua. Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.

Setelah puas berkeliling, kami melanjutkan perjalanan kami ke kompleks Candi Hindu yang terletak di kota Jogjakarta. Pasti sudah tau kan? ya Candi Prambanan.

KOMPLEK CANDI PRAMBANAN

DSC_0422Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Komplek Candi Prambanan ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.Jaraknya sekitar 17KM dari Malioboro, dengan waktu tempuh sekitar 45menit.

DSC_0261
komplek candi prambanan
DSC_0289
Candi Siwa sebagai candi utama di prambanan
DSC_0316
Candi Siwa yang megah

Ada tiga candi utama disebut Trimurti dan dipersembahkan kepada tiga dewa utama Trimurti: Siwa sang Penghancur, Wisnu sang Pemelihara dan Brahma sang Pencipta. Di kompleks candi ini Siwa lebih diutamakan dan lebih dimuliakan dari dua dewa Trimurti lainnya. Candi Siwa sebagai bangunan utama sekaligus yang terbesar dan tertinggi, menjulang setinggi 47 meter. Candi ini juga memiliki banyak relief dan Patung Dewa.

Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya.

Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia. Candi ini juga selalu dikunjungi oleh siswa/i dan mahasiswa/i untuk tugas sekolah maupun studi hehe.

TAMAN UNTUK BERMAIN

Komplek Candi Prambanan ini dirancang sebagai tempat wisata keluarga. Anda bisa berkeliling bersama keluarga menyusuri taman.

KOMPLEK CANDI LAINNYA

Selain itu, anda bisa berkeliling ke Komplek Candi lainnya yang memang lokasinya berdekatan dengan Candi Prambanan. Ada Candi Sewu, Candi Bubrah, Candi Lumbung dan lainnya.

MEMBERI MAKAN RUSA

Aktivitas lain yang bisa anda lakukan di komplek ini, yakni memberi makan rusa. Ada kandang rusa di sini dan kita bisa memberi kesempatan anak-anak kita berinteraksi dengan memberi makan rusa-rusa. Ada penjual makanannya juga dengan harga 2000 rupiah saja. Makanannya berupa sayur-sayuran hijau.

Demikian akhir perjalanan singkat kami liburan di Jogjakarta. Besoknya adik saya bersama bapak pulang ke pontianak, sedang saya berangkat ke Jakarta. Sampai jumpa jogjakarta. Tahun depannya lagi saya ke sana dengan rute dan itinerary yang berbeda..nantikan artikelnya hehe ­čÖé

DSC_0330
Selfie di Candi Prambanan
DSC_0281
Selfie di Candi Prambanan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.