Honeymoon di Nusa Penida, Lembongan dan Ceningan Part1

Kali ini saya akan membahas seputar short honeymoon trip kami ke Bali. Namun tidak seperti itinerary biasanya yang fokus ke sepanjang pesisir barat Bali yakni Pantai Kuta, Seminyak, Uluwatu, atau ke tengah dan utara seperti mengunjungi Ubud dan Kintamani. Kami mencoba itinerary yang berbeda yakni mengunjungi Pantai timur bali, Sanur.

Tapi bukan bersantai di pantainya ya hehe. Karena yang ingin kami singgahi adalah pulau-pulau lain di sebelah timur Bali yang terkenal. Nah banyak yang mungkin tidak sadar kalau di Propinsi Bali ini, selain pulau utamanya yakni Pulau bali ada beberapa pulau lainnya Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan, Pulau Serangan, dan Pulau Menjangan.

peta-bali1
Peta Bali dan 3 Nusa disadur dari balistarisland

Dari pulau-pulau tersebut, ada 3 Nusa yang terkenal itu adalah Nusa Penida, Lembongan dan Ceningan. Ketiganya pulau ini posisinya saling berdekatan dengan Nusa Penida sebagai pulau yang terbesar. Ketiga Nusa ini sudah mulai naik daun di kalangan turis khususnya turis mancanegara karena keindahan bentang alamnya sangat instagramable dan menawarkan suasana resortnya masih alami dengan hamparan pasir putih yang indah seakan-akan anda sedang di Maldives.

Kami merencanakan itinerary kami 4 hari 3malam. Awalnya plan kami menginapnya adalah 2 hari di bali (daerah pantai kuta) dan 2 hari di nusa lembongan. namun karena keterbatasan waktu, kami putuskan 3hari 2 malam dengan semua hari-harinya kami habiskan di ketiga nusa tersebut.

Hari Pertama tiba di Bali

Pagi-pagi sekali kami berangkat dari Jakarta dengan penerbangan memakan waktu sekitar 1jam 50 menit. Namun karena perbedaan waktu 1jam antara bali (WITA) dan Jakarta (WIB), kita akan tiba di Bali dengan selisih sekitar 3jam. Maka usahakan anda mengambil earliest flight/penerbangan sepagi mungkin ke Bali.

20170730_145117
Ngurah Rai Intl Airport, Bali

Setibanya di Ngurah Rai Internasional Airport di Denpasar sekitar pukul 9an, Kami check out dan segera mengambil grabcar ke pantai sanur, bali. target kami tiba di Pantai Sanur sekitar pukul 10-11 siang. Supaya dapat segera mendaftar fastboat untuk menyeberang.

PANTAI SANUR & PENYEBERANGAN

Capture
Pantai Sanur dengan Logo Traveloka raksasa.

Sesampai di Komplek Pantai Sanur, suasana padat dan macet, penuh dengan kendaraan yang masuk maupun keluar dari Sanur. Perlu diketahui karena Pantai Sanur adalah pusat pelabuhan untuk penyeberangan ke nusa-nusa dan pulau lombok sehingga suasana sangat ramai.

Anda bisa membeli tiket langsung di pos di lokasi penyeberangan. Harganya bervariasi tergantung tipe kapalnya mulai dari 75ribu( sekarang 100ribu) one-way ticket. Dalam satu hari ada banyak waktu keberangkatan yang bisa anda pilih sbb:1

Kami memilih menggunakan Public speed boat ke Nusa Lembongan 75ribu(100ribu) pukul 10.30 siang. Jeda waktu yang ada kami gunakan untuk sarapan dan jalan-jalan singkat di sekitar pantai. Ada tempat berbelanja topi dan baju pantai serta aksesoris yang bisa anda kunjungi sambil menunggu waktu keberangkatan.

Oh iya jangan terkejut mayoritas turis yang akan menyeberang adalah turis mancanegara dari eropa dan yang asia kebanyakan dari jepang/korea. Nampaknya Bali dan Khususnya Nusa Penida sangat populer di kalangan turis jepang/korea. Boleh percaya atau tidak, saat kami menyeberang, turis indonesia tidak sampai 5 orang, termasuk kami. sisanya 40-50 org adalah turis asing. Wauh hehe.

Untuk dapat menaiki kapal cepat dari pantai Sanur Bali, kita akan berjalan kaki menuju lokasi kapal berlabuh yang agak jauh dari bibir pantai. Hal ini pastinya akan membuat kaki atau celana anda basah. Maka disarankan anda memakai celana pendek dan sandal jika anda menyeberang menggunakan public boat seperti kami. bagi yang membawa koper atau tas besar, tidak perlu khawatir, banyak warga sekitar yang akan membantu anda berbasah-basah ria membawakan koper dan barang-barang anda. Kasih saja 5-10ribu sebagai tips. Saya jamin nanti anda benar-benar membutuhkan mereka di sana.

Pantai Sanur juga dikenal sebagai Sunrise beach (pantai Matahari terbit) sebagai lawan dari Pantai Kuta. Karena lokasinya yang berada di sebelah timur pulau Bali, maka pantai Bali ini menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise atau Matahari terbit.

TIBA DI NUSA LEMBONGAN

Kami tiba di Nusa Lembongan di Jungut Batu kemudian langsung mencari rental sepeda motor untuk 3hari. Biaya rentalnya 75ribu per hari. Cukup meninggalkan ktp/sim kita. Di pulau ini tidak ada pom bensin, dan memang tidak perlu, pengalaman kami nantinya selama 3hari, karena jaraknya dekat-dekat semua, bensinnya cukup tanpa perlu mengisi lagi.

Dan menariknya di sini untuk mengembalikan motor,nantinya anda bisa meletakkannya parkir dimana saja di pelabuhan, karena saking kecilnya pulau ini, gak mungkin ada yang mencuri motor. Toh kalau mencuri mau disembunyikan dimana? Wong pulau ini seluruhnya bisa diputari hanya dalam 1jam saja hehe.

Dengan berbekal GPS handphone kami mengendarai motor ke lokasi hotel kami yakni di Mahagiri Resort Nusa Lembongan. Tidak perlu takut tersesat, pulau ini benar-benar kecil dan jalannya tidak banyak hehe.

MENGINAP DI MAHAGIRI RESORT

Capture1Sesampainya di hotel kami check in dulu dan beristirahat sejenak, sebelum berkeliling lagi. Oh ya kenapa kami menginap di sini? Karena Setelah browsing2, kami menemukan Mahagiri Resort ini pemandangannya sangat indah dengan view menghadap langsung ke pantai dengan hamparan pasir putih yang luas beserta kolam renang besarnya berada persis di pinggir pantai plus pohon-pohon kelapa yang tertata rapi. Sehingga kami memutuskan menginap di sini.

Selain di Nusa Lembongan, anda juga dapat menginap di Nusa Ceningan untuk suasana yang lebih backpacker hehe. Di Ceningan banyak pilihan mini resort dan losmen. Kalo untuk family trip dan honeymoon dianjurkan di Lembongan karena banyak pilihan hotel yang sudah mapan dan fasilitasnya lengkap. Kalo di Nusa Penida, kurang oke untuk menginap, lebih bagus daytrip saja di sana.

Harganya memang cukup premium tapi sangat worth it untuk honeymoon dan family trip. Ada banyak pilihan kamar. dan kebetulan waktu itu lagi promo, jadi harganya lumayan untuk 3 malam.

Devil’s Tear Nusa Lembongan

Setelah beristirahat sejenak, kami pergi ke salah satu spot pertama yang terkenal di sini yakni Devil’s tear. Tempat ini adalah sebuah tebing besar di pinggir pantai dengan pemandangan khas-nya adalah hantaman ombak ke tebing yang akan menciptakan cipratan air seperti air mata.

Sesampainya di sana, ternyata lokasinya cukup jauh, dimana kita harus berjalan kaki, dari tempat kita memarkir motor. Dan kondisinya cukup berbahaya, karena tebingnya tinggi dan seperti jurang yang menghadap laut lepas. Sayangnya beberapa foto kami hilang karena salah backup (haduh pusing), jadi tidak banyak foto yang bisa kami tampilkan di sini.

Berenang, berjemur dan menikmati Sunset

Setelah puas berjalan sebentar, karena hari sudah mau sore, kami kembali ke hotel, untuk menikmati sunset sambil berjemur di pantai privatnya hotel hehe.

20170730_093303
Suasana Pantai Mahagiri resort Sebelum sunset

Sesi foto dengan model istri saya mendekati waktu sunset tiba. Foto di bawah ini diabadikan sebagai bukti kalau dia pernah kurus hehe. Pemandangan langit biru menyatu dengan pasir putih yang terhampar luas, benar-benar menyajikan foto yang sangat instagrammable. Memang tidak rugi menginap di sini dan berfoto di pantai privatnya.

Dan Foto ketika sunsetnya pun tiba :

Demikian hari pertama kami di Nusa Lembongan. Malamnya kami dinner di hotel, dan beristirahat. Esok hari kami akan day trip di Nusa Penida dan berkeliling ke beberapa spot instagram yang ngetop dari Nusa Penida.

 

2 thoughts on “Honeymoon di Nusa Penida, Lembongan dan Ceningan Part1”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.