Honeymoon di Nusa Penida, Lembongan dan Ceningan Part2

Hari Kedua di Nusa Lembongan, setelah sarapan di hotel kami, kami bersiap-siap untuk mengikuti daytrip ke Nusa Penida. Trip setengah hari ini ini kami menggunakan jasa dari tour guide local yakni di penidatrip.com. Penida Trip menyediakan berbagai macam paket wisata di Pulau Penida, mulai dari yang halfday saja, halfday plus snorkeling sampai dengan 3hari 2malam. Ada paket hematnya juga yang hanya menyediakan tiket fastboat pp plus sewa motor 1hari (tanpa guide).

Kami memilih paket halfday (tanpa snorkeling), karena istri lagi males snorkeling untuk trip kali ini hehe. Paket halfday ini mulai dari harga promo 350ribu/orang utk min 6 orang. Harganya bervariasi tergantung jumlah orang dalam sekali trip. Karena kami hanya berdua, biaya menjadi skrg 555ribu/org. Paket Halfday dari penida trip ini merupakan paket wisata ke Nusa Penida dalam waktu 1 hari. Standarnya anda mengunjungi Nusa Penida dari pulau bali dan kembali ke pulau Bali pada hari yang sama.

Karena kami menginap di Nusa Lembongan, maka ada sedikit customize di paket kami, bila yang standar dijemput di pantai sanur, bali, kami dijemput di Jembatan Kuning, yang menghubungkan Nusa Lembongan dengan Nusa Ceningan. Paket halfday standarnya sudah termasuk :

  • Tiket fastboat Sanur – Penida PP ( kami dari Jembatan kuningan, lembongan)
  • Mobil 6 seats selama di Penida
  • Air Mineral
  • Makan Siang (terpisah harga 35ribu per box)

Berangkat ke Nusa Penida

Dengan menggunakan sepeda motor, kami berangkat dari hotel ke Jembatan Kuning. Kami janjian pukul 8 pagi dijemput di sana. Perjalanan ke sana membutuhkan waktu sekitar 15 menit dan tentu saja di sini tidak ada macet hehe.

Capture map
Peta dari Mahagiri ke Jembatan Kuning

Kemudian kami bertemu dengan team dari penidatrip dan kami berangkat menggunakan perahu nelayan lokal ke nusa penida. di kapal hanya ada kami berdua hehe, privat untuk kami saja. Setiba di pelabuhan, kami dijemput oleh tour guide dengan mobil avanza yang akan menemani kami selama perjalanan.

Objek Wisata Di Nusa Penida

Apa aja sih objek wisata yang ada di sini? Kalau menurut saya terbagi menjadi 2 macam yakni spot untuk foto pemandangan alam yang unik dan instagramable dan spot untuk snorkeling. Nah untuk mengelilingi penida ini plus snorkeling karena pulaunya besar, sebenarnya dibutuhkan waktu 1-2hari. Ada 2 rute utama yakni Penida Barat dan Timur. Untuk mencoba semuanya plus snorkeling, ada paket 3 hari 2 malam dari penidatrip

Penida Barat meliputi :

  • Angel’s Billabong
  • Broken Beach/Pasih Uwug
  • Kelingking Beach
  • Pohon Cinta
  • Crystal Bay

Penida Timur meliputi :

  • Pantai Atuh
  • Rumah Pohon
  • Bukit Molenteng/Pulau Seribu
  • Bukit Teletubbies

Karena paket kami halfday, kami hanya akan mengunjungi penida barat.

Angel’s Billabong

fb-img-1500421437723

Spot ini adalah salah satu dari tiga spot yang sudah sangat terkenal di instagram. Tempat ini adalah infinity pool alamiah yang langsung berbatasan dengan laut lepas. Dengan tekstur karang dan pantulan cahaya yang menakjubkan, membuat kita tidak tahan ingin segera berenang di celah karang ini.

Sayangnya sejumlah file foto dari handphone kami hilang. Hanya tersisa foto dari action kamera kami yang resolusi tergolong kecil. Kalau foto di samping ini diambil dari tripadvisor. Kalo foto kami yang di bawah ini hehe. Sayangnya kami memang tidak turun untuk berenang, Bersama dengan kami ada 3 gadis bule yang langsung turun berenang di celah tersebut. Oh ya berenang juga harus hati2, karena ombaknya cukup deras, dan minta info dari tour guide boleh turun atau tidak.

Broken Beach / Pasih Uug

Spot kedua adalah tetangganya, tidak jauh dari sana, kita akan menemukan fenomena kontur alam yang eksotis yakni Broken Beach atau pantai patah.

brokenbeach yuditika.jpg
Foto Broken Beach dari backpackerjakarta.com

Pantai patah ini sebenarnya adalah pantai yang memiliki tebing / ngarai besar yang bolong di tengahnya, sehingga terlihat seperti gua besar dengan aliran air laut di tengah. Sedangkan bagian atas tebingnya menyerupai jembatan alamiah yang bisa kita lewati juga. Air laut yang terperangkap di tengah-tengah tebing ini membuat Broken Beach atau Pantai Pasih Uug seolah-olah mirip seperti sebuah kolam raksasa.

Broken Beach atau Pantai Pasih Uug terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Di sini kita akan merasakan keindahan yang memanjakan mata dengan pepohonan dan rumput hijau yang berada di atas tebing,langit yang biru cerah dan komposisi warna air laut yang eksotis. Tidak heran broken beach ini menjadi salah satu spot instagramable paling anyar.

Kelingking Beach Secret Point

This photo is taken with Brica B-PRO5 Alpha Edition mk.¢ò

Spot ketiga yang wajib dikunjungi adalah Kelingking Beach. Spot ini yang paling sering dijumpai di instagram.Perjalanan menuju Kelingking Beach cukup sulit karena jalanan masih belum diaspal, bila anda menggunakan sepeda motor harus berhati2 dan sigap. Oh ya untuk setiap spot ada biaya parkir rata2 sebesar 5000 rupiah untuk motor dan 10ribu rupiah untuk mobil.

Entah kenapa tempat ini disebut Pantai kelingking, karena bentuk bukitnya pun dari jauh tidak mirip kelingking sih, walau memang benar bentuknya unik, mirip punggung dinosaurus hehe.

Pantai kelingkingnya sendiripun sebenarnya cukup jauh dari atas, anda harus turun ke bawah menggunakan tangga kayu dan bambu. Informasinya sih bisa sekitar 45 menit dengan ratusan anak tangga sempit untuk turun sampai ke bawah. so benar2 seperti trekking turun dan agak curam ya belum lagi mikirin naiknya untuk pulang 45 menit lagi brrrrr haha. Jadi bagi yang benar-benar ingin turun ke bawah, luangkan waktu yang cukup dan pastikan stamina anda dalam keadaan oke, dan jangan bawa barang2 berlebihan.

Kami sih gak turun, hanya berfoto dari posisi yang sudah fenomenal di instagram yang seperti di bawah ini:

Pohon Cinta

Pohon-Cinta-Nusa-Penida-Bali
Pohon Cinta, Kelingking Beach, Nusa Penida, foto dari tempatwisatadibali.info

Ini sebenarnya adalah sebuah pohon yang sudah kering/mati yang masih berada di area kelingking beach secret point. Pohon ini menjadi unik dan spot tersendiri karena hasil foto bila anda duduk di dahan pohon ini menjadi seolah2 anda berada di atas pohon melayang di udara. Berhubung foto kami yang di sini hilang, kami minjam foto dari web lain ehehe untuk ilustrasinya.

Crystal Bay

Spot terakhir yang kami kunjungi di sini adalah pantai crystal bay. pantai indah yang terletak di Teluk Penida dan dekat dengan pelabuhan toya pakeh. Spot ini juga menjadi tempat untuk berangkat snorkeling. Pantai ini tergolong masih bersih dan sepi dengan hamparan pasir yang luas, sangat cocok untuk bersantai dengan tenang.

Demikianlah perjalanan kami di Nusa Penida, hari sudah agak sore sekitar jam 2an, kami kembali ke pelabuhan toya pakeh untuk menyeberang kembali ke Nusa Lembongan. Berlanjut ke petualangan kami di Nusa Ceningan

2 thoughts on “Honeymoon di Nusa Penida, Lembongan dan Ceningan Part2”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.