Makan Sate Buaya di Balikpapan

Pernah makan sate? Pastinya anda semua pernah donk. Sate adalah makanan yang penyajiannya berupa potongan daging kecil-kecil yang ditusuk dengan lidi tebal atau bambu kemudian dipanggang dengan batu arang. Nah Sate di Indonesia adalah makanan khas yang beragam resepnya. Ada sate menggunakan daging ayam, daging sapi dan daging kambing/domba. Ketiga jenis daging ini yang lumrah untuk menjadi bahan sate. Selain itu juga ada daging babi, daging kelinci bahkan ikan, seperti sate bandeng dari cilegon yang pernah saya bahas.

Nah ternyata ada daging hewan lain yang bisa diolah menjadi sate yakni BUAYA!! Ya, jenis binatang reptil juga bisa diolah menjadi sate, seperti daging ular dan biawak. Namun menjadi buaya sebagai bahan sate, adalah sesuatu hal yang tidak terpikirkan oleh saya sebelumnya, dan ternyata ada di kota Balikpapan.

PENANGKARAN BUAYA

Kali ini saya bersama adik saya mengunjungi Tempat Penangkaran buaya di CV Surya Raya. Lokasinya terletak di Teritip, sekitar 27 kilometer dari pusat Kota Balikpapan. Di sini, buaya dikembangbiakkan untuk dipanen kulitnya, giginya dan tangkurnya (buaya jantan). Kulitnya untuk diekspor ke mancanegara. Nah selain sebagai penangkaran, tempat ini pun akhirnya terbuka untuk umum sebagai tempat wisata dan kuliner sate buaya.

DSC_0185

Biaya tiket masuknya murah hanya sekitar 15 ribu rupiah saja. Di sini anda bisa berkeliling dan melihat-lihat buaya mulai dari yang ukurannya masih kecil, sampai besar sekali. Selain itu pengunjung bisa menggendong anak buaya. Tidak perlu takut, anak-anak pun boleh mencoba. Moncong anak buaya ini diikat supaya aman. Kita juga bisa memberi makan buaya. Pengelola menyediakan bangkai ayam yang bisa dibeli seharga Rp 10.000 untuk dilempar ke dalam kolam buaya.

Setelah berjalan-jalan, seperti yang saya bilang ini saatnya menikmati sate buaya. Harganya 5000 rupiah per tusuk. Selain sate, adalah olahan tangkur buaya yang konon berkhasiat untuk stamina pria.

DSC_0230
Sate buaya balikpapan
DSC_0192
Sate buaya balikpapan
CV surya raya
Sate Buaya Balikpapan

Demikianlah sharing singkat petualangan kuliner kami di Balikpapan. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.