Lari pagi di Alun-alun Bandung yang HIJAU!

Hari ketiga di Bandung, kami bangun lebih awal, niatnya mau olahraga ringan sambil melihat suasana alun-alun bandung yang baru. Lokasi Alun-alun ini terletak di tengah kota Bandung tepatnya di Jalan Asia Afrika dan Jalan Dalem Kaum. Posisinya persis di depan Masjid Raya Bandung.

20181118_071811
Suasana keramaian Alun-Alun Bandung

Alun-Alun Bandung ini direnovasi beberapa kali hingga terakhir dilakukan pada 2014. Kemudian pada tanggal 31 Desember 2014, Alun-Alun Bandung diresmikan oleh Wali kota Bandung, Ridwan Kamil. Taman seluas 1.200 meter persegi ini berdiri di atap sebuah bangunan parkir dan dibungkus dengan rumput hijau sintetis. Alun-alun ini memiliki fasilitas seperti arena bermain anak, perpustakaan, dan juga tersedia jaringan WiFi. Di sebelah utara alun-alun, terdapat  halte bus yang cukup panjang untuk melengkapi fasilitas di taman pusat kota ini.

20181118_071823
Kucing aja tidur siang eh pagi pules di sini :p

Perjalanan dari hotel kami Malaka ke sana hanya berjarak sekitar 3KM dengan waktu tempuh 10 menitan. Setiba disana, kami masuk ke parkiran basement di bawah alun-alun ini. Lapangan parkir yang tersedia cukup luas, dengan sebagian area dijadikan foodcourt/tempat makan. Setelah parkir kami naik ke atas, dan eng ing eng, hamparan permadani hijau sintesis dengan keramaian warga bersantai. Penuh dengan keluarga yang membawa anak-anak bermain. Pagi itu juga kebetulan memang hari minggu, banyak juga yang berolahraga berlari/bersepeda mengelilingi alun-alun.

20181118_072528
copot sepatu dulu, sebelum jalan di rumputnya

Sebelum menginjak rumput hijau sintesis, kita harus menanggalkan sepatu/sendal kita. Jadi harus telanjang kaki disana. Ada beberapa ibu-ibu yang menjajakan plastik untuk menyimpan alas kaki kita. harganya bervariasi, yakni 2000 rupiah untuk plastik kecil dan 5000 rupiah untuk plastik besar. Lumayan mahal sih hehehe.

Bandung Juara euyh! Sesuai dengan latar huruf yang menghiasi lapangan ini. Ya menurut kami dengan adanya rumput hijau sintesis ini menambah keindahan dan kenyamanan alun-alun ini bagi warga sekitar dan pendatang untuk berekreasi secara gratis.

20181118_072727
Alun Alun Bandung yang hijau
20181118_072850
Alun Alun Bandung yang hijau
20181118_074352
Terlihat juga persis di depan Mesjid ada kelompok ibu-ibu yang sedang senam bersama.

Setelah bersantai sejenak di lapangan hijau ini, saya kembali ke pinggir karpet rumput untuk menuntaskan misi lari pagi saya. Saya kembali memakai sepatu dan mencoba lari-lari kecil berkeliling alun-alun ini. ternyata lingkarnya tidak terlalu besar, kira-kira 3x putaran baru dapat 1KM. Sepanjang berlari mengelilingi alun-alun, pemandangannya pun tak kalah menarik.

Ada Tugu Asia Afrika, Halte besar dan panjang bertuliskan Alun-alun Bandung, Pohon-pohon rindang dan kursi taman yang nyaman serta yang menarik juga ada parkiran sepeda yang rapi dan kondisinya baik. Dan menuju ke Mesjid Raya Bandung, juga ada Gapuranya yang cantik, menyatu dengan komplek alun-alun ini. Bandung emang Juara euyh pokoknya!

20181118_074750
sekeliling alun-alun bandung

Setelah selesai berlari sebentar, saya kembali menemui istri saya yang sedang terbaring santai di rumput. Posenya bagus, jadi saya potret lagi hehehe.

20181118_073344
santai di Alun alun Bandung

Saya mencoba mencontoh posenya, tapi hasil jepretan istri saya kok gak banget ya? hehe. Dan akhirnya kita tutup dengan selfie hehe.

Selamat pagi Kota Bandung, dan sampai jumpa!

lanjut ke edisi makan siangnya, di mana ya kira-kira..

One thought on “Lari pagi di Alun-alun Bandung yang HIJAU!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.