from travelbydarcy.com

Liburan Babymoon ke Seoul, Korea

Haloha, finally, sesudah kehamilan istri berada di penghujung trimester ke-2, kami pun berangkat ke Seoul, Korea. Kalo sebelumnya saya sudah membahas bagaimana cara apply visa ke korea beserta cara mengecek hasil status visa-nya, maka kini saya akan sharing perjalanannya ke Korea.

ISTILAH BABYMOON

Jadi tema liburan kami kali ini memang “babymoon”. Babymoon itu apa sih?

Bhagavan Behera, dalam riset yang ia publikasikan di Journal of Humanities and Social Science menyatakan bahwa istilah babymoon tersebut merupakan peleburan dua kata, yaitu baby atau bayi dan honeymoon atau bulan madu. Behera menyebutkan bahwa makna babymoon sendiri adalah liburan terakhir bagi pasangan suami istri untuk menyambut kelahiran anak pertamanya.

babymoon-newbiemom

Istilah babymoon sendiri diperkenalkan oleh Sheila Kitzinger, seorang penulis buku-buku kehamilan dan kelahiran asal Inggris. Menurut Kitzinger, babymoon adalah honeymoon sebelum melahirkan si kecil. (disadur dari okezone.com)

Jadi sedari semula, saya dan istri sudah merancang rencana babymoon ini di bulan ke-enam kehamilan, akhir trimester ke-2. Waktu perjalanan dengan berangkat pulang perginya kurang lebih seminggu.

foto dari www.travelinsurancedirect.com.au

ALASAN MEMILIH KOREA

Alasan memilih Korea karena istri suka drakor alias drama korea hehe. Jadi ya karena didorong rasa penasaran dengan spot2 menarik dan terkenal dalam film2 korea seperti Nami Island dan Istana Gyeongbokgung. Well sebelum menjelajahi Seoul, ibukota korea ini, kami menyusun perencanaan alakadar, melalui baca-baca informasi di website dan blog-blog.

TIPS RENCANA BABYMOON (BACKPACKER style)

Ada gak sih paket perjalanan wisata babymoon? Ada! Tapi belum banyak paket wisata untuk tema ini. Biasanya yang ditawarkan adalah model2 honeymoon pada umumnya yang lebih banyak menghabiskan waktu di hotel resort yang mewah. Mungkin bagi suka bersantai2 dan berleha2 cocok ya. Tapi karena istri orangnya doyan jalan-jalan dan gk bisa diem di rumah, apalagi dalam hotel aja gak cocok nih.

foto dari hellosehat.comPengennya travelling itu selalu mengeksplore tempat yang dikunjungi dan mencari hal-hal yang baru. Spot yang bagus untuk foto alias instagrammable dan makanan kuliner yang menarik. 2 Hal ini yang selalu menjadi incaran para traveller. Berikut tips untuk pasangan traveller yang mau babymoon swadaya alias backpackeran sendiri, tanpa tour guide.

Tips menyusun rencana perjalanan babymoon keluar negeri :

  1. Cari tahu tempat-tempat wisata yang ingin anda kunjungi selama di seoul. Pelajari situasi dan kondisinya. Usahakan tempat wisata yang dipilih yang nyaman bagi bumil untuk berjalan kaki. Hitung jarak dan waktu yang dibutuhkan. Susunlah itinerary sementara hari pertama, kedua dan seterusnya. Hindari aktivitas wisata yang menyulitkan bumil atau tidak worth it, misalkan ke taman bermain/main rollercoaster.
  2. Tentukan tempat tinggal yang terdekat atau strategis selama di sana. Carilah yang terjangkau moda transportasi umum dan taxi. Sesuaikan juga dengan majority travelling area anda tuh di mana.
  3. Pelajari skema transportasi umumnya di sana. Mulai dari Bandara sampai ke hotel, dan perjalanan sehari-harinya dan kembali ke bandara.
  4. Travelling dengan bumil (ibu hamil) tentunya memiliki banyak keterbatasan terutama dalam kondisi fisik, maka selalu siap sedia dengan perlengkapan pribadi seperti obat-obatan, tisu, air minum yang cukup dan snack alakadar yang tersedia di ransel/tas kecil. Penting banget nanti, yakin deh hehe.
  5. Setiap negara memiliki bahasa yang berbeda. Misalnya Korea, mayoritas warga masih belum berbahasa inggris. Siapkan diri anda dengan bahasa korea sederhana, dan sebagai anak jaman NOW, install aplikasi-aplikasi yang berguna selama anda di sana.

KE KOREA YA, KE MANA?

Perjuangan membuat itinerary ini tidak semudah jika anda atau pasangan anda sudah pernah memiliki pengalaman ke korea. Sedangkan kami keduanya belum. Pertama-tama hal yang saya pikirkan adalah ke korea, ke mana? ke kota yang mana? Nah, dari hasil eksplorasi pribadi, saya menyimpulkan ada 3 kota utama di Korea untuk berkunjung yaitu :

SEOUL

Charming-Korea-Afternoon-Tour
Buchon Hanok Village, foto dari seoulkorea-tour.com

Seoul adalah ibu kota Korea Selatan yang berusia lebih dari 600 tahun. Sebagai Ibukota, tentu ini salah satu kota yang wajib dikunjungi traveller. Seoul menyajikan complete experience untuk merasakan suasana hallyu/K-POP/Drakor. Mulai dari suasana modern perkantoran dan klinik oplas di distrik gangnam, belanja baju di dongdaemun, belanja kosmetik di myeongdong dan hongdae, belanja barang seni di insadong, tempat wisata sejarah di palace2 yang tersebar di tengah2 kota seoul. Seoul terletak di barat laut negara, di bagian selatan DMZ Korea. Anda juga dapat mengunjungi pulau nami yang tersohor itu. Dengan jarak kira2 1,5 jam perjalanan dari Seoul.

BUSAN

yuditika seoul3 busan gamcheon
Gamcheon-culture-village, Busan

Busan adalah kota metropolitan terbesar kedua di korea selatan. Busan adalah kota pelabuhan yang berbatasan dengan laut, jadi pastinya punya banyak pantai hehe. Tempat wisata yang populer di sini adalah Kuil-kuil bersejarah, salah satunya Kuil Haedong Yonggung di tepi pantai juga.  Jembatan Gwangan, Gamcheon Culture Village (Desa ikonik yang berwarna-warni), Oryukdo skywalk, Busan tower, dan pemandangan Busan Marine city Skyline yang mempesona di malam hari. Anda bahkan bisa menyewa private yatch seperti foto di depan park hyatt busan ini wauhhh…

JEJU ISLAND

hallasan jeju
Gunung Halassan, Jeju

Jeju adalah sebuah pulau, Pulau Jeju (Jeju-do) adalah pulau terbesar di Korea dan terletak di sebelah selatan Semenanjung Korea.  Keanekaragaman flora yang tumbuh di Jeju sangat berbeda dengan yang ada di Semenanjung Korea. Karena iklimnya yang baik, pulau ini ditumbuhi lebih dari 1.700 jenis tanaman, sehingga Jeju dijuluki sebagai “Pulau Botani” karena kekayaan floranya. Wisata di sini adalah wisata menikmati alam dengan salah satu landmarknya terkenal adalah Gunung Halassan dan Sunrise Peak. Bisa hiking loh di sini.

DAN KAMI MEMILIH…?

Nah dari ketiga tempat tersebut, kami decide konvensional dulu yakni ke Seoul dulu. Mungkin di lain waktu (and definitely must) kami akan ke Busan dan Jeju hehe. Sebenarnya bisa saja tripnya Seoul-Busan ataupun Seoul-Jeju. Tapi tentunya harus naik pesawat 2x loh ya. karena jaraknya ibarat Jakarta-Surabaya, yang tentunya karena keterbatasan fisik bumil, cape juga kalo bulak balik bandara terus. Perjalanan darat memungkinkan namun melelahkan seperti kereta dari Seoul ke Busan sekitar 7jam dan masih harus menyambung dengan ferri.

Capture
Contoh Paket Tour dari goldenrama.com

Banyak paket wisata ke korea menggabungkan 2 kota sekaligus seperti Seoul-Jeju bahkan tiga-tiganya, tapi tentunya waktunya tidak cukup kalau hanya/kurang dari seminggu. Idealnya 10 hari minimal atau kalau perlu 2minggu haha. Nah kalo kami ke Seoul, kalian pilih kemana? Prefer wisata alam, ke Jeju deh. Suka pantai dan pemandangan eksotis, ke Busan deh hehe.

KE SEOUL YA, KEMANA?

Sudah memilih kotanya, belum berakhir loh, masih harus mikir nyampe ke seoulnya, nginap di daerah mana dan kemana aja? Biar efektif dan gak nyesel kalo ada spot yang kelewat. Rencanakan semuanya sedari awal. Nah setelah melalui riset yang panjang di awal tahun 2019. Akhirnya saya berhasil menyusun itinerary selama seminggu (5+2) hari.

Sebelum saya menyusun, saya list dulu tempat-tempat wisata yang mau dikunjungi, kemudian disortir2 lagi, mana yang bisa dikunjungi, mana yang gak bisa, mana yang gak bakalan sempet, mana yang jadi prioritas haha. Keliatannya gampang, tapi susah juga ternyata, karena Seoul banyak tempat yang menarik, dan waktu kita limited. banyak yang bilang walau hanya di seoul pun, 7 hari full gak bakalan puas juga. Well travelling is art how we can maximize our limited time, power and (of course) money to get maximum value of experience. Haha ngomong apa kowe 😛

Dari hasil sortir2, ada beberapa spot utama yang saya shortlisted-kan yaitu :

  • Nami Island
  • Namsan Seoul Tower
  • Gyeongbokgung dan palace-palace lainnya

Mengapa memilih 3 spot utama itu? karena berkaitan dengan tema babymoon hehe, harus dapet foto yang instagramable donk. Kemudian tidak lupa dengan wisata belanja dan kulinernya ada sejumlah area yang saya list:

  • Dongdaemun Market
  • Namdaemun Market
  • Gwangjang Market
  • Myeongdong Market
  • Insadong Market
  • Hongdae

Kemudian banyak spot-spot wisata lainnya seperti :

  • Olympic Park
  • LINE Store
  • Gangnam District
  • Ewha Women University
  • Hongik university
  • Buchon Hanok Village
  • Cheonggyecheon Stream
  • Everland (coret karena taman bermain)

Dari 7 hari perjalanan, efektif date-nya hanya di hari kedua sampai ke-enam. dan tiga spot utama, saya pisahkan masing-masing harinya, karena pertimbangan jarak tempuh yang cukup jauh dan kondisi fisik yang bakal exhausted (bawa bumil kan nih). Sedangkan spot2 wisata lainnya sebagai komplemen di hari yang sama. Belanja dan kulineran di sela-sela waktunya.

Berikut itinerary singkatnya :

Day Itinerary
Day 00/Minggu Soekarno hatta airport to Incheon Int’l Airport (flight malam hari)
Day 01/Senin Tiba di Incheon Int’l Airport (pagi hari), Check-in hotel, jjs di Insadong street, MRT ke Myeongdong
Day 02/Selasa Nami Island – Garden-The Morning Calm (Babymoon-photoshoot :p)
Day 03/Rabu Gangnam – Line Store – Namsan Seoul Tower (Babymoon-Lovelock-photos  :p)
Day 04/Kamis Gyeongbokgung Palace – Buchon Hanok Village (Hanbok experience – Babymoon Photoshoot lageee :p)
Day 05/Jumat Ewha Women University-Hongdae-Dongdaemun
Day 06/Sabtu Berangkat ke Incheon Int’l Airport (pagi hari), Flight dan tiba di Jakarta malam harinya.

KE SEOUL YA, MENGINAPNYA DI MANA?

Nah seringkali kita bingung, waktu memilih hotel di kota yang kita kunjungi, di distrik mana, mendingan ambil yg dekat apa ya? Saya sih pribadi mencari hotel menggunakan traveloka.com. Well untuk travelling bersama bumil, usahakan memilih hotel yang “family-friendly”, fasilitasnya lengkap dan bersih serta dekat dengan akses stasiun MRT/halte bus dan dekat dengan tempat makan juga. Anda bisa memanfaatkan fasilitas map yang ada pada traveloka untuk melihat posisi hotel dan jarak dengan lingkungan sekitar (nearby attractions).

Seoul secara umum memiliki tiga major area untuk travelling yaitu :

MYEONGDONGmyeongdongnight Myeongdong adalah main shopping district di kota Seoul. Pokoknya mandatory deh untuk semua wisatawan yang pertama kali ke Seoul, apalagi tema utamanya belanja hehe. Myeondong itu seperti komplek pertokoan yang isinya butik, toko kosmetik, dept.store.  Selain itu, di sini juga malam harinya penuh dengan jajanan kuliner streetfood khas korea. Dan bagi yang khatolik, di sini ada Gereja Katedral-nya yang terkenal yakni Cathedral Myeongdong.

HONGDAE_SINCHONhongdae Ini daerah kampus, universitas dan juga sekaligus tempat belanja dan kulineran. Suasana romantis dan kreatif khas anak muda korea berasa banget disini. Banyak toko-toko kreatif dan unik dan tempat makan kulineran dan kafe-kafe yang seru. Dekat dengan Jalan Universitas Hongik, Jalan Mural Hongik, dan Universitas Wanita Ehwa. Adik saya kemarin ke seoul, juga prefernya nginapnya di sini. Mungkin mahasiswa traveller berasa cocok disini (adik saya sih nginapnya di sini kemarin hehe)

JONGNOinsadongNah Jongno adalah distrik historisnya Seoul. Boleh dibilang ini seperti area kota tua-nya Jakarta hehe. Banyak bangunan bersejarah di sini. Dekat dengan 5 Palace utamanya Seoul, salah satunya Gyeongbokgung. Kemudian juga anda bisa berkeliling dengan menyewa hanbok dan mengunjungi buchon hanok village yang legendaris. Belanja kerajinan tangan dan souvenir di insadong market. Buat yang demen sejarah preferably stay disini, karena kita bisa ke templenya dengan jalan kaki saja (walking distance).

Saya sih finally milih stay di hotel di area insadong, Jongno, dekat dengan stasiun Anguk dan Gyeongbokgung temple. Reason: lebih tenang (malemnya gak seramai myeongdong) dan sesuai plan (bakal jalan-jalan wearing hanbok ke temple dan objek wisata sekitarnya).

OPSI DISTRIK LAINNYA

  • Gangnam, area perkantoran berkelas yang terkenal karena lagunya PSY – OPPA GANGNAM STYLE hehe. Di sini juga rame Klinik OPLAS (Plastic Surgery). Kayaknya sih mostly yang nginap di sini sekalian sedang ngambil paket oplas deh hehe.
  • Itaewon. Buat moslem traveller, recommended stay di sini. banyak penginapan khusus muslim dan halal food restaurant. Agak jauh dari tempat2 wisata utama, tapi bisa disiasati dengan mencari hotel yang dekat dengan MRT station ya.

Sudah memilih hotel dan itinerary and what’s next? see tips below :

Tips penting lainnya (spesifik perjalanan ke Seoul) :

  1. Tuliskan semua nama tempat yang anda akan kunjungi termasuk yang paling penting nama hotel anda dalam abjad hangul, sebagai backup informasi untuk menjelaskan kepada taxi atau bertanya pada orang di jalan. Karena mayoritas supir taxi dan warga korea tidak bisa berbahasa inggris. Contoh list :
  2. Membeli kartu prabayar lokal dan paket internetnya atau sewa modem. Saya menyewa modem di klook.com dengan harga yang lebih murah selama di sana.
  3. Siapkan uang tunai secukup untuk makan, tiket masuk tempat wisata, dan saldo kartu t-money (semacam emoney)
  4. Perhatikan waktu buka dan tutup tempat-tempat wisata yang hendak anda kunjungi. Menggunakan kendaraan umum kita juga perlu memperhatikan jadwal keberangkatan pertama dan terakhir.

    Semisal dalam itinerary di atas, tadinya saya menjadwalkan mengunjungi gyeongbokgung palace pada hari kedua (selasa), tapi ternyata setelah saya check PAS HARI SELASA ITU MALAH LIBUR. Wah untungnya saya baca2 dulu, jadinya saya geser ke hari-4. Hari-2 nya saya ganti dengan Nami Island, karena untuk memberikan selisih 1 hari antara mengunjungi palace dengan nami island yang menurut perhitungan saya akan melelahkan buat bumil.

  5. Mengunjungi website VISITKOREA untuk mendapatkan informasi wisata dan diskon2 promo.
  6. Menginstall aplikasi yang berguna selama di seoul
  7. Transportasi dari bandara ke pusat kota/hotel di seoul (AREX dengan klook)
  8. Transportasi MRT KTX dan informasi t-money
  9. Sewa Hanbok via klook
  10. Bagi yang saat membaca artikel ini belum mengurus VISA, silahkan membaca artikel ini.

Selamat menyiapkan babymoon trip anda juga ke SEOUL ya 😛

yuditika babymoon seoul korea
Babymoon Photoshoot wearing hanbok at Gyeongbokgung Palace

 

NEED INSPIRATION? Follow our day by day soon :

  1. Day 01, Incheon-Insadong-Myeongdong
  2. Day 02, Nami Island & Garden of Morning Calm
  3. Day 03
  4. Day 04
  5. Day 05
  6. Day 06

One thought on “Liburan Babymoon ke Seoul, Korea”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.