Liburan Babymoon ke Seoul, Korea Part 3 (Tips travelling ke Namsan Tower)

Hii..setelah kemarin kami pergi ke Nami Island dan Garden of Morning Calm, kini kami akan mengunjungi distrik Gangnam, dan Namsan Tower. Sebelum berangkat kami akan jalan-jalan sebentar dan early lunch di Insadong dulu.

Pagi hari di Insadong, suasana-nya sepi, yang ada hanya orang hilir mudik berangkat pergi kerja.

Toko-toko souvenir sepanjang jalan. baru mulai buka. Kalau mau belanja damai dan tenang, enaknya di pagi hari.

Well, di tengah Insadong, kita ketemu sebuah restoran yang nama-nya menarik. Sebenarnya sih kita gak tahu namanya dalam huruf hangul, tapi yang bisa kita baca adalah tulisan “Insadong Famous Restaurant”. Wew, kita mikirnya nih restoran kok pede amat kalo dia terkenal haha? Tapi karena di bannernya terlihat gambar orang mengantri masuk, kita jadi tertarik juga. Menu andalannya di banner adalah spicy beef soup. Kayaknya sih cocok untuk suasana dingin di pagi hari ini.

yuditika seoul 07
Insadong Famous Restaurant

Masuk ke dalam, kita langsung memesan beef soup untuk 2 orang. Harganya sekitar 9500 won untuk 1 orang ya.

Rasanya enak sekali, bumbunya pas, disajikan dengan soun dan jamur. Lengkap dengan side dishesnya, seperti biasa, selalu ada kimchi. Oh ya kita pesannya tidak terlalu spicy, jadi warnya gk terlalu merah. Suasana di dalam restoran hangat, jadi bisa lepas jacket sejenak.

well sesudah kenyang, kami berangkat menuju stasiun subway terdekat yakni Anguk. Oh ya, kalau di Insadong mau nanya-nanya informasi wisata dan sebagainya, ada tourist information center di ujung jalan insadong yang menuju stasiun Anguk.

Well, di stasiun anguk, kita ketemu gadis2 yang memakai hanbok. Hehe, memang di seputaran anguk ini, tempat yang tepat untuk berkeliling memakai hanbok (besok giliran kita pakai hanbok, stay tune). Oh ya mau sharing juga nih, kalau merasa kedinginan, kita bisa membeli hot pack untuk menghangatkan tangan. Cara pemakaiannya dibuka dari kantongnya, dikremes2 sampai mulai hangat, taruh di saku jacket. Hot pack ini bisa bertahan 12jam dan harganya biasanya 1000 won.

yuditika seoul 13
Penghangat tangan

Distrik Gangnam

Dari Stasiun Anguk, kita ambil line orange (arah Ogeum) ke stasiun Sinsa. Dari Stasiun Sinsa kita jalan kaki kira2 600 m menuju ke Line Friends Cafe & Store. Sepanjang perjalanan menuju ke sana, karena kita sudah di daerah gangnam, kita menemukan apa? hehe, kira2 apa?

Klinik Plastic Surgery!! Ya kita menemukan banyak klinik oplas, kecantikan, dan toko kosmetik juga. Wauh jadi kalo datang ke Gangnam, anda bisa berubah menjadi lebih cantik/ganteng pas pulangnya.

Karena kebetulan istri profesinya juga dokter kecantikan, doi seneng banget bisa ke sini, dan melihat2. Siapa tahu bisa jadi pasien eh dokter di sini haha (ngarep.com). Sepanjang jalan isinya iklan dan tawaran oplas. Bahkan saya membaca ada paket liburan ke seoul, nginap di gangnam plus oplas-nya sekalian. Jadi paket wisata sekarang gak cuma dibundle dengan medical treatment, tapi juga plastic surgery sekarang trendnya. Luar biasa!!!

Line Friends Cafe & Store

Well, finally, kita sampai di Line Store-nya. Yuk kita masuk ke dalam. Sebenarnya LINE Friends Store ini memiliki beberapa cabang. Ada di myeongdong, hongdae, dongdaemun dan Itaewon. Namun yang terbesar dan firstflag-nya ada di gangnam (Sinsadong Garosu-gil) ini.

yuditika seoul 19
LINE FRIENDS CAFE&STORE

Di dalamnya kita langsung disambut boneka raksasa karakter Brown, yang menjadi salah satu main signature-nya di sini.

Gedung ini terdiri dari 3 lantai. Di mana lantai pertamanya (1F) adalah toko souvenir, sedangkan di lantai duanya (2F) adalah museum karakter LINE untuk berfoto ria, dan di undergroundnya (B1), ada toko souvenir dan cafe-nya.

Di sini kita bisa melihat berbagai koleksi souvenir-nya mr.Brown dan karakter lainnya seperti Cony(Kelinci), Leonard(Kodok) dan Sally(bebek). Souvenirnya beragam mulai dari boneka, kaus, piring, sendal, bantal dan sebagainya.

Kemudian kami naik ke lantai 2-nya. Di sini kami bertemu dengan lebih banyak boneka lagi hehe. Ini seperti rumahnya Brown dan teman-temannya. Semua karakter ada di sini dalam berbagai macam gaya dan kegiatan.

Ada sudut yang full pink nih, lengkap dengan cerminnya, hehe. Ya di sini juga ada rak koleksi souvenirnya.

Di kursi tengah, ada sofa lengkap dengan boneka Brown raksasa. Bumil langsung nimbrung ikut foto, nah sama-sama gendut deh.

Wah dijamin seru deh foto-foto di sini. Apalagi kalau ABG-ABG pasti hepi dan posting2 di instagram. Secara tempatnya memang instagrammable bangets. Well, puas berfoto ria, kami turun ke lantai cafe nya di B1. Penasaran mau ngemil eskrim-nya.

yuditika seoul 37
Lantai 1F tampak dari atas, saat menuruni tangga ke B1.

Di B1, ada cafe dengan menunya rata-rata dessert ya. Kami memesan eskrim vanilla single scoop dan float drink signaturenya yg strawberry, tapi namanya lupa hehe. Rasanya enak, walau agak mahal hehe.

Di sini, kami rehat sejenak dulu, kecapean abis sesi foto-foto. Suasana cafe-nya tidak terlalu ramai, mungkin karena hari kerja ya. di dekat kursi2nya juga ketemu boneka karakter LINE lagi yang sedang main gitar.

Setelah selesai makan eskrimnya, kami melanjutkan dengan berkeliling sebentar melihat etalase di lantai B1 ini. Suasana di sini gak kalah lucunya di floor utama di atas, ada 3 boneka karakter LINE terbang di langit2 toko.

Puas berkeliling, kami pun bersiap2 pulang. Kami kembali naik ke lantai 1F. Di sini sebelum keluar, ternyata ada spot yang terlewat. Rupanya di dekat kasir, ada arena outdoor yang disekat dengan pintu kaca sliding. Yee kita foto lagi, sebelum cabut. Tempat ini punya tema, namanya Jungle Brown hehe.

Oke, well, selesai kunjungan kita ke LINE Friends Store & Cafe ini. Rekan-rekan mampir yang ke sini kalo ke Korea. Wortit’ banget deh haha.

NAMSAN SEOUL TOWER

Sekarang kita berangkat menuju Namsan Seoul Tower. Caranya ke sana, dari posisi kami di Sinsadong adalah menggunakan Bus Namsan Tour 05. Silahkan perhatikan rutenya di bawah ini. Bila anda berangkat dari posisi lain yang dilewati rute ini, anda juga bisa ke Namsan Seoul Tower.

yuditika seoul05

Seperti biasa kita bisa menggunakan T-Money untuk naik bus ini. Rute Bus ini memang berakhir persis di N Seoul Tower. Dari haltenya kita bisa melihat Seoul Tower.

Dari haltenya kita rupayanya masih harus berjalan kaki agak mendaki ke atas. Well kasian bumil nih, harus jalan kaki menanjak. Tapi jangan khawatir jaraknya tidak terlalu jauh, pelan-pelan aja.

Sepanjang perjalanan mendekati area gedung N Seoul Tower, kita dapat melihat pemandangan pepohonan di kiri kanan jalan yang ciamik untuk difoto.

Well, finally kita tiba di gedung kaki N Seoul Tower. Gedung ini terdiri dari beberapa lantai yang menyajikan berbagai macam atraksi dan fasilitas.

  • B1 Cultural & Experience, Ada peminjaman/penyewaan hanbok di sini
  • 1F Snack & Coffee, di lantai ini ada starbucks dan convenient store
  • 2F Restaurant, di lantai ini ada restoran seperti Owl’s cutlet, Tokyo Steak
  • 4F Restaurant & Fun, di lantai ini ada Game Plaza dan Korea Local 360 VR Tour
  • 5F, nah akses ke observatorium dan Pagar Lovelock nya ada di sini.

Well, of course, kita langsung meluncur ke 5F. Tenang aja, di gedung ini kita gak harus naik tangga, ada lift-nya kok hehe. Sesampainya di 5F, kita langsung ke bagian luar gedung dan well langsung ketemu pohon-pohon cemara artifisial tempat untuk memasang gembok cinta hehe. Ya salah satu tradisi urban ketika mengunjungi Namsan Seoul Tower adalah memasang gembok cinta yang berwarna-warni.

LOVELOCK

Well, kita juga mau do it sih, tapi gk bawa gembok, gimana donk? Jangan khawatir, ternyata di sini ada toko souvenir yang menjual gembok cinta dengan bermacam model dan lengkap dengan alat tulisnya. Oh ya untuk sesi lovelock ini kita ada bikin vlognya loh, kunjungin youtube kita di yuditikacouplegoals

Setelah membeli, kami istirahat sejenak, sambil menulis harapan kami dan karena memang tujuan liburann kali ini adalah babymoon-nya anak pertama kami, ya maka harapan dan ucapanya adalah as below :

yuditika seoul52
make your wish on Lovelock at N Seoul Tower

Well, kemudian kami naik tangga ke pelataran atas. Di atas ini, hampir semua pagarnya dipenuhi dengan gembok cinta.

yuditika seoul16
Deretan Gembok Cinta di pagar pelataran N Seoul Tower

Kami segera mencari sudut yang pas untuk meninggalkan gembok kami ini. Dan pilihan kami jatuh di sini dengan background tower lainnya (kayaknya tower BTS) hehe. Kapan-kapan kalo anda main ke sini, mungkin menemukan yang punya kami ya.

Iseng-iseng melihat tulisan-tulisan orang banyak yang lucu-lucu juga. Anyway kita juga banyak nemuin yang dari sesama turis Indonesia juga loh, contohnya seperti di bawah ini. Bahkan ada yang menulis Prabowo-Sandi haha #2019bangets.

Ternyata selain menggunakan gembok, rantai, ada juga banyak yang pakai casing hape. Ide menarik. bagi yang memakai gembok beneran dengan kuncinya, bisa dibuang ke sini ya, ini tempat kuncinya.

Setelah memasang, dan kita mengabadikan momen ini dengan foto sejenak, kemudian kami pun turun kembali ke bawah.

Di bawah ini ternyata baru kelihatan posisi Tulisan N besar yang menjadi ikon signature nya N Seoul Tower ini.

yuditika seoul62
N Seoul Tower

Setelah itu, karena kita sudah membeli voucher Klook combo untuk naik ke observatory deck nya plus mengunjungi museum Hello Kitty, maka kami kembali ke dalam gedung. Masih di lantai yang sama 5F, kita segera menukarkan voucher kami di ticketing vending machine yang sudah tersedia. Posisi mesinnya persis di depan pintu masuk Museum Hello Kitty. Bila dibandingkan dengan membeli tiket di tempat, harganya jauh lebih hemat di klook hehe.

OBSERVATORY DECK

Setelah itu, pertama-tama kami mengunjungi observatory, pintunya dijaga oleh security khusus, cukup memperlihatkan ticket kita ke mereka, kemudian mereka langsung menyambut dengan hangat.

Begitu masuk ke dalam, di salah satu ruangan, kita langsung ditodong berfoto 2x shoot oleh fotografer. Di sana ada berbagai macam aksesoris bebas untuk dipakai. kemudian setelah difoto, kita diberi kupon untuk mengambil foto. feeling saya sih gak gratis hehe.

Kemudian baru kita diantar ke lift khususnya untuk naik ke puncak. Di dalam liftnya, di atapnya akan diputar video seolah-olah kita naik dengan kecepatan penuh sampai ke antariksa. hehe semacam gimmick saja untuk mendramatisir.

Well, benar tebakan saya, begitu naik kita langsung menghadap counter desk yang menawarkan kita untuk mengambil foto kita tadi. Dengan harga tebusan yang cukup mahal. Gak wortit’ sih wkwk. My suggestion better don’t take it. Dan ternyata hasil photonya bisa didownload di website via handphone. wah tau gitu gak usah ambil cetakannya ehehe.

Kemudian kami mencoba teropongnya. Nah teropong-nya ini harus memasukkan koin 500 won untuk sekali pakai. Nah sayangnya kabut cukup tebal, sehingga tidak banyak yang bisa dilihat. Memandang dari jendela kaca pun, pemandangannya tidak terlalu menarik. Sayang sekali, memang sempat saya mendengar beberapa turis bule di 5F tadi, pas di depan ticket counter untuk observatory bilang “I think its not gonna be worth it” and unfortunately, he’s right, haha.

Selain itu, ada toko souvenir dan coklat di atas. Well, karena tidak ada hal menarik lainnya, kami pun turun kembali ke bawah untuk mengunjungi Museum Hello Kitty.

MUSEUM HELLO KITTY

Bagi pencinta karakter ini pastinya senang bisa berkunjung ke sini. Well, karakter Kucing Pink bernama Hello Kitty ini sebenarnya bukan berasal dari Korea, tapi dari Jepang (Sanrio). Tapi di Korea, Hello Kitty ini sangat populer, bahkan museum-nya juga ada yang lebih besar lagi di Jeju, Hello Kitty Island Museum.

Ya kita, yang deket2 dulu aje di sini hehe. Well, saat kami masuk, kondisinya sepi sekali, hanya ada kami berdua saja. Sisi positifnya jadi puas untuk berfoto-foto.

Di sini atraksinya ada bagian suasana rumah-nya Hello Kitty, ada ruangan kamar tidur dengan ranjangnya, dapurnya, ruang tamu, piano, dan lainnya.

Di ruangan lainnya, ada tempat untuk anak-anak mewarnai dan tempat untuk (lagi-lagi mirip) menggantungkan kartu harapan berbentuk love.

Di ruangan lainnya, ada objek foto lainnya seperti naik Bus dan Cable Car bersama Hello Kitty hehe. Tempat ini sepertinya memang untuk wisata anak-anak kecil sih. Jadi better pas bawa anak ke sini lebih cocok, entah kenapa kalo orang dewasa doank kayaknya bakal agak boring sih haha.

Begitu keluar, kita masuk ke area toko souvenirnya. Segala macam souvenir hello kitty ada di sini, mulai dari jam dinding, bantal, boneka, selimut, dan seperangkat alat tulis untuk anak-anak. Well kualitas souvenirnya sih bagus-bagus, cocok untuk hadiah anak-anak.

Oke well, selesai kunjungan kami di N Seoul Tower. hari sudah mulai sore, saatnya kami melanjutkan perjalanan kami ke Myeongdong. Kami menggunakan Bus Namsan Tour 05 yang sama.

Myeongdong Part-2.

Nah sorenya kami dari Namsan Tower singgah kembali ke Myeongdong, menggunakan bus tur yang sama seperti map di bawah ini.

Kenapa kembali ke Myeongdong lagi? Well, seperti kebanyakan turis yang ke seoul, pasti tidak cukup puas kalo hanya sekali ke myeongdong. Berbelanja dan kulineran khususnya foodstreet gak ada abisnya di sana hehe. Nah kami juga ke sini, karena kebetulan hari ini adalah hari raya Rabu Abu (khatolik

Nah sorenya kami dari Namsan Tower singgah kembali ke Myeongdong, menggunakan bus tur yang sama seperti map di bawah ini.

yuditika seoul05
Namsan Tour Rute

Kenapa kembali ke Myeongdong lagi? Well, seperti kebanyakan turis yang ke seoul, pasti tidak cukup puas kalo hanya sekali ke Myeongdong. Berbelanja dan kulineran gak akan ada abisnya di sana. Nah kami ke sini juga sekalian untuk menghadiri misa di Gereja Katedralnya. Kebetulan memang hari ini adalah hari Rabu Abu, dan saya sudah mengecek jadwalnya ada misa jam 6 sore.

Setelah misa, perut lapar, kami kembali ke tengah myeongdong, dan menjumpai keramaian malam hari khas myeongdong. Seluruh jalan persimpangan Myeongdong dipenuhi oleh street food.

Salah satu streetfood yang khas dan menarik perhatian kami kali ini adalah potato

Rasanya manis dan gurih, serta tinggi sekali hehe. Jadi megangnya harus hati2. Well, setelah itu kami mencoba beberapa menu lainnya, videonya ada di youtube kami, soon will be launch.

Mencoba kuliner Mie Dingin

Then, after that, kita makan berat di salah satu restoran lokal, lagi2 dengan nama dalam huruf hangeul ya we don’t know how to spell it haha.

Restoran ini menyajikan satu menu yang menarik yaitu Naengmyeon yang berarti mie dingin. Mie kok dingin? nah ini uniknya hehe. Mie ini menjadi makanan favorit masyarakat korea khususnya di musim panas. well sebenarnya suhu masih dingin, cuma penasaran rasanya seperti apa, let’s try.

yuditika myeongdong 06
mencoba naengmyeon – mie dingin korea

kuahnya dimasukkan es batu, sehingga benar2 dingin. Rasanya sih aneh, beda banget dengan Indonesia, yang namanya ramen atau mie kuah pasti enaknya dalam keadaan hangat/panas, gak enak banget kan kalo dingin. Lidah orang kita sih gak biasa dengan sajian ini. Selain dingin, keunikan lainnya, kita dikasi gunting donk??! buat apa guntingnya? untuk memotong2 mie-nya. Rupanya mie-nya panjang dan lembek banget, dan harus dipotong, saking susahnya.

Penyajiannya, mie ini dimasukkan ke dalam mangkuk stainless bekururan besar dengan kaldu dari daging sapi dan di atasnya ada sayuran rebus, saus pedas berwarna merah, ditaburi wijen dan setengah potong telur di atasnya dan kemudian ada side dishes-nya potongan daging sapi, lengkap dengan kuah dingin yang bisa dicampurkan dengan es batu (lagi). Di sana ada 1-2 drum yang berisi kaldu dalam keadaan hangat dan dingin. jadi bisa refill kaldu hehe.

Rasa-nya hmmm…tidak terlalu enak haha, alias agak aneh mungkin karena memang lidah orang asia tenggara ya haha. Ya, sebagai antisipasi, saya sudah memesan semacam bibimbap juga untuk backup meals, in case we can’t finish this naengmyeon. Sebenarnya rasa pedasnya enak, cuma dingin ya, jadi aneh. dingin tapi pedas hehe. Well, never mind, its okey, at least we already tried it.

Belanja Lagi!! SURGA MASKER!!

Setelah selesai santap malam, istri saya melanjutkannya dengan lihat2 toko kosmetik lagi. sambil menemaninya, saya memotret sejumlah dagangan kosmetik yang dijajakan. Satu hal yang menarik buat saya adalah ternyata ada begitu banyak macam dan model masker ya di Korea.

Luar biasa, ada yang aneh seperti masker untuk telapak kaki??! terus ada masker dalam kemasan cup. belum lagi merek2 masker yang bervariasi. Ini benar2 surganya masker. Nampaknya memakai masker sudah merupakan bagian tersendiri dalam budaya kosmetik korea. Kayaknya gada negara dengan variasi masker sebanyak ini selain di korea (i think ya).


Well that’s all today. See you tomorrow. Stay Tune 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.