Liburan Babymoon ke Seoul, Korea Part6-selesai (Tips Tax Refund Korea dan bus bandara Incheon)

Haloha…finally this is our last day here at Seoul. (Cek Perjalanan kami sebelumnya di sini ya.) Kami mengambil flight pagi yang berangkat dari incheon sekitar pukul 9.30 pagi. Waktu tempuh dari Insadong ke Incheon kurang lebih 1jam. Seperti biasa ada baiknya kita spare 2jam untuk check-in. So we have to leave at least three hour before ya amannya mininal 6.30 pagi.

20190306_102051
hotel Saerim-Insadong lobby information – How to travel back to Incheon

Untuk berangkat dari hotel kami di Insadong, saya menggunakan bus bandara (15ribu WON per orang). Selain bus bandara anda bisa menggunakan taxi namun tentu ongkosnya lebih mahal, estimasinya bisa 80ribu WON wauh. Kalo kita berempat mungkin okelah naik taxi, tapi kalo berdua saja better pake bus hehehe hemat.

BUS BANDARA KE INCHEON AIRPORT

Bus yang kami gunakan adalah Bus 6005. Informasi mengenai Bus Bandara sudah kami bahas di artikel sebelumnya saat hari pertama tiba di seoul Liburan Babymoon ke Seoul, Korea Part1

20190306_102727
6005 route Insadong – Incheon
20190306_102647
Halte Bus 6005 di depan hotel Aventree, JongNo

Halte Bus Bandara 6005 ada persis di depan Hotel Aventree, Jongno. Sesuai plan we will leave by min 6.30 am. Jadwal yang terdekat adalah 06.10am. Jarak antar setiap waktu keberangkatan adalah per 35 menit. Nah Anda bisa menyesuaikan jadwal anda.

Sekitar pukul 06.05am, bus bandara sudah datang dan parkir di depan halte. Kami kemudian naik dengan beberapa penumpang lain yang sepertinya dari malaysia. Kami menyiapkan uang cash sebesar 50ribu WON untuk membayar tiket seharga 2x 15ribu WON. Nah ternyata Bus bandara ini cara bayarnya memasukkan uang cash ke dalam semacam kotak koin di samping driver dan drivernya tidak punya kembalian sama sekali. Waduh pusing deh hehe. Luckily saya dapat menukarkan uang cash saya dengan turis malaysia tadi, dan dapat membayar pas 30ribu won. lega deh. Well pelajaran buat kita next time prepare cash yang pas, karena tidak tersedia uang kembalian.

Bus berangkat PERSIS JAM 06.10am . Wauh! Benar2 tepat waktu. Telat sedikit aja anda sudah ditinggal. Saya surprise dengan ketepatan waktu keberangkatan bus ini. Very Discipline!

Sesuai dengan rute, bus kami berhenti di halte dengan Hotel Center Mark, kemudian Sejong Center, Gwanghwamun dan seterusnya. Bus pun perlahan2 mulai penuh dengan penumpang. Oh ya ternyata penumpang yang lain membayar dengan tap T-Money mereka. Ternyata menggunakan T-Money di bus bandara ini juga bisa hehe. Ya kebetulan kalo kami memang sisa saldo T-Money sudah sedikit hehe, karena sudah diplan pemakaiannya. Nah setelah sejumlah halte, bus pun mulai memasuki highway dan menuju Incheon. Kita akan tiba di Incheon Airport Terminal 1, baru kemudian terminal 2.

MENGEMBALIKAN MODEM.

Well, we stop at terminal 1, dan hal pertama yang kami lakukan adalah mengembalikan modem dan powerbank yang saya sewa. Ciri2 konter powerbanknya ada di artikel sebelumnya.

MEMPROSES TAX REFUND

Selanjutnya kita memproses tax-refund. lumayan nih dari sekian struk belanja kami, ada yang eligible untuk tax refund.

incheon01
SELF KIOSK EASY TAX REFUND

Nah caranya pertama2 kita mencari Self Kiosk dengan logo Easy Tax Refund. Prosesnya sangat gampang tinggal ikuti2 langkah2 di layar, scan paspor dan barcode dari struk/slip kita yang eligible untuk tax refund. Jika sudah semua slip kita scan, tinggal pilih dana ditransfer atau ditarik tunai (cash-out). Saya memilih tarik tunai. Kemudian akan keluar Easy Tax Refund receipt, simpan, dan nanti akan kita tukarkan dengan uang cashnya setelah melewati imigrasi. Sebelumnya anda juga bisa berkonsultasi dengan petugas easytaxrefund yang ada di dekat kiosk.

Note : Sebaiknya pisahkan barang belanjaan yang akan diklaim tax-refundnya di koper tertentu, agar apabila petugas merasa perlu untuk mengecek belanjaannya, dapat dengan mudah anda tunjukkan (jarang terjadi)

SEKILAS MENGENAI TAX REFUND

Oh ya, di artikel kemarin, saya belum sempat membahas mengenai belanja di seoul dan aturan tax-refund-nya. Ada dua model tax refund di Korea.

  • Pertama, Immediate Tax Refund, di sejumlah toko berlaku tax free, kasir counter akan meminta paspor untuk discan agar kita mendapatkan diskon langsung (potongan dari tax-refund). Sehingga kita tidak perlu repot2 untuk klaim tax refundnya lagi. Di 1-2 toko di Myeongdong, saya saat belanja dapat yang seperti itu. Langsung didiskon di kasirnya.
  • Kedua, kasir counter di toko memberikan struk belanja plus slip berjudul Global Tax Free dengan barcode dan total refund yang eligible. Nah slip ini yang dikumpulkan kemudian diklaim di bandara Incheon saat kita check-in untuk flight pulang.

Syarat eligible mendapatkan tax refund adalah WNA dan minimal belanja di satu tempat/toko sebesar 30.000 won. Dengan waktu klaim max 3bulan setelah tanggal struk.

BERAPA YANG BISA DIDAPATKAN?

Kalo pengalaman saya, kemarin belanja 30.100 WON, saya dapat tax refund sebesarnya 2000 WON. Nah saat belanja sebesar 53.000 WON, ternyata dapatnya tetep 2000 WON. Pas belanja 63.000 WON baru deh dapat beda, 3000 WON. So bisa hitung kan ya ternyata kira2 setiap kelipatan 30.000 WON kita dapat tax refundnya. (Asumsinya belanja 30ribu WON pertama dapat 2000 WON, seterusnya + 1000 WON)

Informasi lebih detail dan updated bisa check di sini.

CHECK IN PROSES

Setelah beres dengan modem dan tax-refund, lanjut check-in. Saat check-in diingatkan untuk selalu memberitahukan kepada petugas counter bahwa anda sedang hamil. Berikan surat pengantar dari dokter. Petugas counter biasanya akan menanyakan status umur kehamilan dan memberikan surat pengantar dan kupon untuk anda. nah kupon ini berguna saat melewati pintu x-ray, anda akan diberikan prioritas masuk tanpa x-ray. Enak kan hehe.

MENUKAR TAX REFUND RECEIPT DENGAN CASH

Setelah check-in dengan sukses, saya mencari konter untuk penukaran receipt tax-refund tadi dengan uang cash. Kebetulan saat mendapatkan amplop dengan map petunjuk menuju ke sana. Jadi posisinya adalah di 3F Gate 28 di samping toko GUCCI

 

incheon02
TAX REFUND, 3F Gate 28 di samping toko GUCCI
incheon04
TAX REFUND selesai, lumayan 3 struk = 7000 won hehe

Proses di konter sini jauh lebih simple lagi, cukup tunjukkan tax refund receipt tadi dan paspor kita. Kasir langsung memberikan uang cash sebesarnya nilai pada receipt kita. Beres deh hehehe.

WELL, sampai di sini deh story perjalanan our first babymoon ke Korea ini. Semoga dapat memberikan inspirasi ke rekan-rekan yang merencanakan liburan ke Seoul. Sampai jumpa di petualangan berikutnya.

 

나중에 봐요 najung-e bwayo

Sampai Jumpa Lagi 🙂

 

감사합니다 gamsa habnida!

Terima Kasih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.