5 Aplikasi Handphone yang perlu diinstall selama liburan di Korea terbaru 2019

Hai guys, artikel kali ini khusus membahas beberapa aplikasi yang kami rasakan sangat bermanfaat dan perlu selama kita travelling di Korea. Lain ladang lain belalang lain lubuk lain ikannya. Kebiasaan di negara kita tentu berbeda dengan di Korea, demikian juga aplikasi yang diinstall di handphone kita hehe.

1. Aplikasi Peta/Maps

naver android yuditika.com
(NAVER Map, Download Android & iOS)

Pada umumnya kita di Indonesia biasa memakai google maps sebagai aplikasi peta pintar di gadget kita. Dengan google maps, kita bisa mendapatkan petunjuk jalan dari tempat kita ke tempat tujuan, lengkap dengan alternatif jalan dan kendaraan. Mau ke singapura, ke malaysia, eropa dan USA, kita bisa menggunakan google maps dengan mudah.

Eh ternyata ini gak berlaku di Korea Selatan hehe. Aplikasi Google Maps memang masih bisa dipergunakan di sini tapi dengan keterbatasan yang cukup mengganggu yaitu kita tidak bisa memetakan dengan bebas cara perjalanan dari satu titik ke titik yang lain.

Contoh di atas ketika saya mencari dengan fitur “direction” dari Insadong tourist information ke Gyeongbokgung Palace, opsi dari mobil, motorcycle dan walking/jalan kaki tidak berfungsi dengan message : can’t find a way there. Satu2nya yang tersedia adalah kendaraan umum (subway/bus), which is kalo diklik ya memang muncul beberapa opsi keberangkatannya (gambar sebelah kanan). Tapi sebenarnya ini tidak efektif, karena jarak dari Insadong ke palace ya harusnya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Ini malah opsinya kerepotan berputar2 naik subway/bus yang sebenarnya tidak perlu.

Hal ini karena integrasi yang diijinkan oleh pemerintah Korea Selatan kepada Google Maps hanya untuk mengarahkan ke jalur kendaraan umum saja. Pemerintah Korea tidak mengizinkan penyimpanan data topografi pada server asing. Well, oleh karena itu untuk navigasi kita harus menggunakan aplikasi lokal, dan tentunya berbahasa inggris, karena kalo pake bahasa lokal (huruf hangul) malah tambah pusing haha.

Pilihan aplikasi lokal yang bisa digunakan ada beberapa yaitu : KakaoMap, NAVERMap dan Waze. Penulis pribadi menggunakan NAVERMap (Download Android & iOS)

Cara Pemakaiannya mirip dengan Google maps, cukup masukkan lokasi yang dicari, 4 opsi keberangkatan semuanya aktif. Seperti contoh di bawah ini dari Insadong Tourist ke Gyeongbokgung Palace bisa ditempuh dengan berjalan kaki dan jarak sebenarnya hanya 716 meter. nah kan, daripada cape2 ke stasiun/halte naik kendaraan umum malah jadi 13 menit (itu pun masih ada jalan kakinya 9 menit), nanggung dan gak worth it

Selain opsi walking, juga ada opsi driving (car) dan bicycling. Untuk Opsi drivingnya bahkan ada beberapa mode, seperti easy, fastest, avoid tolls.

Menariknya, aplikasi ini juga menampilkan estimasi biaya (fare) yang harus dikeluarkan dengan subway, taxi dan bensin (fuel). Benar-benar oke. Install ini dulu deh ya sebelum tiba di Seoul hehe.

2. Aplikasi Penerjemah Bahasa

Google Translate yuditika.com
Google Translate ( Download Android & iOS )

Nah kalo untuk aplikasi penerjemah, good newsnya, Google Translate masih sangat reliable untuk dipergunakan di sini. Dalam kasus saya yang sempat mengalami sakit perut alias gejala diare, saya menggunakan google translate untuk menerjemahkan diare dan obat, apotik ke dalam bahasa korea hehe.

Contoh di atas , obat diare dalam bahasa korea adalah seolsa yag. ternyata obat itu yag, dan toko obat itu yaggug. Google translate juga menginformasikan huruf hangul dan cara bacanya. Bila kurang jelas atau anda ragu2 mengucapkannya, anda bisa menunjukkan tampilan google translate di layar handphone anda kepada orang yang anda tanyai, sehingga mereka bisa membaca huruf hangul-nya dan mengerti maksud anda.

Selain aplikasi ini, juga ada aplikasi lokal seperti dari NAVER lagi, NAVER Translate (download android dan iOS), dan WayGo (download android dan iOS). Oh iya WayGo juga merupakan aplikasi penerjemah yang bisa menerjemahkan rambu-rambu jalan, menu, atau apapun dari bahasa chinese, japanese dan korean ke bahasa Inggris dengan kamera handphone. Tapi ya fitur ini pun sudah ada juga di Google translate.

3. Aplikasi Rute Subway dan kendaraan umum lainnya.

subway korea android yuditika.com
Subway Korea (Download Android & iOS).

Subway alias MRT adalah kendaraan umum utama yang akan pasti akan anda pergunakan selama travelling di Seoul.

Saya sudah pernah menjelajahi MRT di Singapura, Thailand, Malaysia, HongKong, dan negara Eropa seperti Perancis. Namun begitu melihat peta MRT di Seoul, saya langsung amaze dengan luasnya rute yang dilayani. Selidik punya selidik, ternyata benar Metropolitan MRT di Seoul adalah yang terbesar di dunia. Pantesan hehe.

Konon jumlah line/jalurnya ada 18 line dan total stasiunnya 509 buah. Wauh bandingkan dengan Singapura, masih jauh di bawahnya, apalagi negara kita, Indonesia yang baru membangun MRT 1 jalur saja 😦 mahalnya bukan main. Kenapa Mahal?? Karena kita gak mulai dari dulu hiks2. Sumber : wikipedia. Informasi lebih detail mengenai Subway Seoul, download peta dan harga ticket/fare bisa check ke visitkorea.com

Okey, So selain harus membeli kartunya, kita juga (sangat dianjurkan) menginstall aplikasi rute subway. Salah satu aplikasi yang saya rekomendasikan adalah Subway Korea (Download Android & iOS).

anguk-to-sinchon-subway-korea-apps.jpg
Contoh tampilan screen aplikasi Subway Korea

Contoh seperti di atas, saya mencoba mencari rute dari stasiun Anguk (Insadong) ke stasiun Sinchon (Ewha Womans). Di sini saya langsung mendapatkan informasi line mana, berapa stasiun yang harus dilewati (titik kuning), harus transit di stasiun mana (titik merah). Selain itu total stasiun, transit, estimasi waktu yang dibutuhkan beserta biaya/fare-nya otomatis ditampilkan. Dan ini sifat realtime loh! Jadi sesuai dengan kondisi terkini saat anda sedang berada di stasiun. Dengan aplikasi yang sama ini memandu saya untuk berani bepergian ke Nami Island (gapyeong station) tanpa harus mengambil bus travel khusus hehe.

Alternatif dari Kakao Apps

Selain aplikasi ini, anda juga bisa menggunakan aplikasi sejenis lainnya :

  • Kakao Metro (download android dan iOS)
  • Khusus untuk mencari rute bus, gunakan Kakao Bus  (download android dan iOS)
  • Khusus mencari taxi dengan Kakao Taxi (download android dan iOS)

4. Aplikasi Cari Restoran

mango plate android yuditika.com

mango plate ( download android dan iOS )

Saat di korea untuk hunting restoran favorit, kita bisa menggunakan aplikasi lokal yang cukup mumpuni yaitu Mango Plate (download android dan iOS ). Fitur aplikasi ini sangat lengkap, mulai dari pertama kali installation, kita bisa memiliki sejumlah area populer baik di Seoul South maupun Seoul North, dan di kota2 lain di Korea seperti Busan, Jeju.

Seperti di atas, contohnya saya memilih tempat populer seperti “Hongdae” dan “Jongno”, kemudian apply filter seperti contohnya jenis cuisine-nya Cafe dan pricenya 10ribu won. Hasil searchnya juga bisa diurutkan berdasarkan rating, atau distance.

Atau jika sudah ada jenis makanan yang diincar, seperti saya di hari pertama di Seoul : samgyetang (sup ayam utuh). Tinggal search : samgyetang, muncul beberapa pilihan restoran, saya klik Tosokchon, muncul layar dengan pilihan navigasi dengan Naver Map. Nah untung saya sudah install Naver Map, bener kan rekomendasi saya hehe.

5. Aplikasi Informasi Tempat wisata (+ Voucher Discount!!)

visitkorea yuditika.com
Visit Korea ( Download Android dan iOS)

Untuk aplikasi tourism, anda bisa mendownload aplikasi resmi yang merupakan representasi dari Korean Tourism Organization www.visitkorea.or.id 

Di aplikasi ini anda bisa mendapatkan banyak sekali informasi atraksi pariwisata mulai dari highlight festival atau acara/event yang sedang ongoing di Korea, berita, tempat wisata, makanan, tempat shopping, hotel, transportasi dan sebagainya.

Aplikasi ini bahkan memiliki koleksi kupon voucher discount yang bisa anda pakai di sejumlah merchant yang bekerjasama. Seru kan? hehe. Aplikasi ini juga dilengkapi peta korea juga loh. Pokoknya aplikasi ini sumber informasi terlengkap anda deh selama di Korea.

Khusus Seputar Kota Seoul, Anda juga bisa mendownload aplikasi sejenis : I Tour Seoul

Penutup :

Masih banyak aplikasi lainnya yang bisa anda download. Beberapa website/tulisan yang ada mungkin menawarkan 7-8 atau 10 aplikasi untuk anda download hehe. Bebas2 saja. tapi penulis merangkum, minimal dengan kelima aplikasi ini sudah cukup sebagai guide anda untuk menjelajahi Korea. Selamat berlibur!!

Informasi Tips & Planning sebelum berangkat ke Korea, anda bisa membaca artikel ini.

감사합니다 gamsa habnida!

Terima Kasih!

2 thoughts on “5 Aplikasi Handphone yang perlu diinstall selama liburan di Korea terbaru 2019”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.