Perjalanan singkat ke Ho Chi Minh City, Vietnam Part-2

Melanjutkan artikel sebelumnya, inilah beberapa tempat yang saya kunjungi selama di Ho Chi Minh City.

1. Riverie Saigon

yudi goes to vietnam09f

Umumnya saya jarang membahas hotel dalam travelling saya, tapi kali ini beda. Hotel ini bisa dibilang salah satu hotel terbaik selama travelling dan biztrip. Dengan konsep old-fesyen yang glamour, hotel ini benar2 memanjakan mata anda. Dengan detail ornamen dan citarasa luxury di kamarnya membuat anda menginap bak raja dan ratu.

Hotel ini berada di pusat kota di distrik 1, tepatnya di kawasan strategis yakni Nguyen Hue Street.

2. Kawasan Nguyen Hue Street & HCMC Hall malam hari

yudi goes to vietnam14Malam pertama di Saigon, sesudah acara kantor pada hari itu selesai, saya bersama sejumlah rekan business partner melanjutkan dengan makan pho di salah satu restoran lokal.  Kemudian setelah makan, kami menikmati suasana di lapangan Nguyen Hue Street.

Nah apa itu Nguyen Hue Street? ternyata persis di depan hotel kami ini ada alun-alun atau ruang publik terbuka yang dikelilingi oleh hotel-hotel mewah, kafe, pertokoan dan gedung2 kantor. Lokasi yang strategis ini berujung pada Ho Chi Minh City Hall yang terkenal dengan Patung Ho Chi Minh, dan ujung yang satunya akan bersinggungan dengan jalan yang diseberang sudah berbatasan langsung dengan sungai Saigon. Keren ya? tidak heran tempat ini menjadi landmark utama yang wajib dikunjungi turis.

Di malam hari, suasana alun-alun ini ramai dengan warga sekitar dan turis yang nongkrong. Banyak pedagang kaki lima yang berjualan. Suasananya kalo saya bilang sih mirip di alun-alun simpang lima semarang hehe. Bedanya kalo di semarang masih lapangan rumput, kalo ini sudah full tertutup menggunakan ubin.

Jalan kaki sebentar sudah tiba di ujung Nguyen Street, dan langsung berfoto di depan City Hall hehe.

3. Saigon Skydeck

Gedung ini adalah gedung tertinggi yang ada di Kota Ho Chi Minh. Gedung ini sebenarnya bernama Bitexco Financial Tower dengan tinggi 262 meter dan 68 lantai. sedangkan Skydeck yang dimaksud sebenarnya adalah observatorium yang ada di puncak gedung. Bentuk puncak gedung yang unik ini mungkin mengingatkan anda pada sebuah film franchise hollywood. Ayo tebak? hehe.

Ya, Markas Avengers. Jadi Gedung ini yang digunakan sebagai inspirasi Stark Tower dalam film avengers. Kebetulan saja gedung bila dilihat dari jauh berbentuk initial A dari Avengers. Sehingga tidak heran bila sesudah film avengers, gedung ini semakin terkenal.

Bila ingin mencoba naik ke atas, anda bisa membeli voucher ticket dari klook.com dengan harga yang lebih murah. Kalo saya memang wktu itu tidak berkesempatan untuk naik ke atas, namun meski begitu, saya malahan lebih tertarik mengambil foto dengan latar gedung ini, seolah2 ada dalam film Avengers hehe.

yudi goes to vietnam18
Saigon Skydeck /Stark Tower view from poolside of The Reverie Saigon Hotel

4. Kawasan Nguyen Hue Street & HCMC Hall pagi hari (Jogging)

Pada pagi hari berikutnya, saya menyempatkan diri bersama beberapa rekan untuk lari pagi. Lokasi menjajal daerah sekitar hotel yaitu Nguyen Hue Street. Pemandangan di pagi hari ini tentu berbeda dengan malam hari. Ada sejumlah orang yang juga berolahraga seperti kami dan ternyata burung2 merpati juga ramai berkumpul. Rupanya ada yang menebarkan makanan burung/gabah padi dalam jumlah besar di tengah2 lapangan. Bisa jadi ini pemberian makan ini adalah tradisi harian dari warga sekitar/pemerintah.

Setelah itu tidak sah bila tidak kembali mengunjungi HCMC hall versi pagi harinya.

yudi goes to vietnam01a
HCMC hall pagi hari

5. Trần Hưng Đạo Statue

yudi goes to vietnam20
Trang Hung Dao Statue

Kemudian kami melanjutkan rute lari kami ke arah sungai saigon dan menemukan Patung ini. Konon beliau adalah jenderal pada dinasti Tran yang berjasa menghalau invasi Mongol dan menjadi salah satu pahlawan nasional Vietnam.

6.Sepanjang Saigon River

yudi goes to vietnam25Di sepanjang aliran sungai ini selain trotoarnya cukup nyaman untuk berjalan kaki, ada beberapa cafe yang menghadap sungai. Oh ya sungainya lumayan jernih loh. Selain itu antara trotoar dan area sungai dipisahkan oleh taman hijau yang asri.

Di Seberang jalannya, banyak gedung-gedung tua dan perkantoran yang mengusung tema riverside alias pinggir sungai. Lari pagi menyusuri sungai saigon ini wajib anda coba.

7. Saigon Waterbus

saigon-waterbus-lu-t
Saigon Waterbus, gambar disadur dari tripadvisor.

Selain lari, anda juga dapat menikmati suasana sepanjang sungai saigon dengan menggunakan kapal ferry wisata Saigon Waterbus. Informasi mengenai rute dapat anda cek disini.

Kita bisa berangkat dari dermaga Bach Dang Distrik 1(terdekat dari Nguyen Street dan patung Tran Hung Dao), dengan 14 perhentian sampai di perhentian terakhir yaitu Dermaga Linh Dong Distrik Thu Duc. Namun bila check di map baru ada 5 perhentian, sisanya masih under construction. harga tiketnya terjangkau yakni sekitar VND 15000.

8. Saigon Central Post Office

yudi goes to vietnam33

Gedung ini adalah bangunan tua peninggalan zaman kolonial Prancis. Konon kantor ini adalah salah satu kantor pos terindah dan termegah di ASEAN. Berlokasi di sebelah Notre Dame Cathedral, Saigon Central Post Office dibangun pada akhir abad ke-19.

Ketika memasuki ruangan dalam kantor pos ini, suasananya cukup ramai. Aktivitas yang ada justru mayoritas adalah penjualan suvenir-suvenir kerajinan tangan. Selain itu layanan pembelian perangko dn kirim surat juga masih tersedia di loket spesifik. Kebetulan rekan saya koleksi perangko. Nah bagi yang mengoleksinya silahkan mampir ke sini.

yudi goes to vietnam34
Saigon Central Post Office

Keunikan lainnya adalah ruang telepon umum di kanan kiri pintu masuk sudah dialihfungsikan menjadi tempat ATM. Ada foto Ho Chi Minh dipajang di dinding tengah atas, menghadap ke pintu masuk. Nah tempat ini tergolong wajib dikunjungi sebagai salah satu spot instagramable buruan milenials.

9. Notre Dame Cathedral

Spot instagramable lainnya adalah katedral Notre Dame ini. Namanya yang mirip dengan katedral di paris, karena memang mencoba menirunya. Perancis memang waktu itu sedang menjajah vietnam, sehingga mereka membangun gereja ini bahkan dengan material yang diimpor dari perancis langsung. Ciri khas lainnya adalah adanya Patung Bunda Maria besar di depan Gerejanya.

yudi goes to vietnam38
Gereja Notre Dame, Vietnam

10. Ben Thanh Market

ben thanh market
Ben Thanh Market, gambar dari his travel.

Pasar Ben Thanh adalah pasar tradisional yang sangat populer di kalangan wisatawan di distrik 1, Saigon. Di pasar ini anda bisa menemukan segala macam souvenir yang dijual oleh ratusan kios-kios kecil. Souvenirnya antara lain seperti gelas, baju-baju kaos bertema Vietnam, sprei, sarung bantal, gerabah-gerabah, pajangan, gantungan kunci, magnet kulkas, dompet dan tas berbagai model, dan masih banyak jenis souvenir lainnya tersedia di sini.

Oh iya mengenai baju kaos di sini banyak yang bertemakan komunis dengan bintang merah ataupun palu arit merah. Jenis design bertebaran di  hampir semua kios. Ya maklum Vietnam kan sejarahnya memang negara komunis. Tapi guys, hati2 ya, jangan iseng2 beli terus bawa ke Indonesia. Ya secara negara kita sensitif soal ini haha.

ben thanh market1
Ben thanh Market, gambar dari CNNIndonesia.

Selain barang-barang souvenir, household, juga banyak kios yang menjual makanan dan minuman untuk oleh-oleh. Mereka menjualnya dalam bentuk kotak atau paketan, ataupun bentuk eceran yang bisa ditimbang beratnya sesuai kebutuhan. Saya membeli kacang cashew nut kiloan dan kopi sachet khas vietnam. Selain itu juga ada coklat, permen,manisan buah kering, ginseng, dan rempah-rempah. Harganya murah-murah dan kualitasnya sih oke.

ADA 2 hal yang anda harus siap-siap disini.  Satu yaitu harus siap tawar menawar sadis mirip di mangga dua/tanah abang-nya kita hehe. Tawarlah minimal di 50-70% diskon! Memang variasi harganya di kisaran segitu disini. Jadi bagi yang gak jago nawar, bawa temen/kerabatnya yang jago nawar hehe, supaya dapat harga bagus. Dan yang kedua, siap-siap berpanas ria. Pakailah kaos tipis yang nyaman untuk berbelanja. Soalnya panaaasss banget di dalam, dan gada AC, even kipas pun jarang. So be prepared. Bagi yang dandan cantik2 ke sini, percuma, keluar dari sini pasti lepek haha.

11. Ho Chi Minh City’s Book Street

yudi goes to vietnam40
Halte untuk membaca? Nguyen Van Binh book Street

Destinasi ini, alamatnya berada di Jalan Nguyen Van Binh book street. Posisinya tidak jauh dari Gereja Notre Dame. Saya berkesempatan mengunjunginya di malam hari. Ini adalah sebuah jalan yang isinya didedikasikan untuk budaya gemar membaca hehe. Di kiri kanan jalannya dipenuhi toko-toko buku dan kafe-kafe untuk duduk nongkrong dan membaca.

Ada buku-buku yang dipajang baik itu dipinjamkan, disewakan, dan dijual. Di sini menjadi pusat komunitas pencinta buku (book lovers). Di sini juga ada area untuk koran dan majalah. Eksibisi Buku, launching ataupun talkshow buku juga sering diadakan di sini. Hal yang menarik bagi kita wisatawan adalah pemandangan etalase buku yang menarik, serta tempat dan suasananya yang nyaman untuk nongkrong. Bener2 deh pusatnya sastrawan hehe.

12. Hardrock Cafe Saigon

yudi goes to vietnam43
Hard Rock Cafe Saigon/HCMC

Kurang lengkap, kalo tidak mengunjungi Hard Rock Cafe lokal. Rasanya seperti ngabsen dulu di sini, biar sah uda singgah di negara ini haha. Just kidding. Bagi pencinta Hard Rock Cafe terutama mereka yang hobby koleksi kaosnya pastinya akan mampir ke sini. Saya sih iseng saja, karena sudah lama tidak beli kaos hardrock dan kebetulan lokasi persis di seberang jalan saat keluar dari area HCMC book street tadi. So, sayang kalo gak singgah, ud didepan mata. Well ke sana, saya gak lama, hanya beli 1 kaos, dan pulang karena sudah malam juga.

Well, demikian, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang mau menyusun itinerary singkat ke Ho Chi Minh City, Vietnam. THANK YOUU!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.