Home Indonesia TripSekitar Pulau KalimantanBalikpapan Makan Sate Buaya di Penangkaran Buaya Balikpapan

Makan Sate Buaya di Penangkaran Buaya Balikpapan

by yudistira.arsie
2 comments

Pernah makan sate? Pastinya anda semua pernah donk. Sate adalah makanan yang penyajiannya berupa potongan daging kecil-kecil yang ditusuk dengan lidi tebal atau bambu kemudian dipanggang dengan batu arang. Nah Sate di Indonesia adalah makanan khas yang beragam resepnya. Ada sate menggunakan daging ayam, daging sapi dan daging kambing/domba. Ketiga jenis daging ini yang lumrah untuk menjadi bahan sate. Selain itu juga ada daging babi, daging kelinci bahkan ikan, seperti sate bandeng dari cilegon yang pernah saya bahas. Nah ternyata ada daging hewan lain yang bisa diolah menjadi sate yakni BUAYA!!

Ya, jenis binatang reptil juga bisa diolah menjadi sate, seperti daging ular dan biawak. Namun menjadi buaya sebagai bahan sate, adalah sesuatu hal yang tidak terpikirkan oleh saya sebelumnya, dan ternyata ada di kota Balikpapan.

WISATA PENANGKARAN BUAYA

Kali ini saya bersama adik saya mengunjungi Tempat Penangkaran buaya di CV Surya Raya. Lokasinya terletak di Teritip, sekitar 27 kilometer dari pusat Kota Balikpapan. Di sini, buaya dikembangbiakkan untuk dipanen kulitnya, giginya dan tangkurnya (buaya jantan). Kulitnya untuk diekspor ke mancanegara. Nah selain sebagai penangkaran, tempat ini pun akhirnya terbuka untuk umum sebagai tempat wisata dan kuliner sate buaya.

Penangkaran buaya CV. Surya Raya di Balikpapan
Penangkaran buaya CV. Surya Raya di Balikpapan

Biaya tiket masuknya murah hanya sekitar 15 ribu rupiah saja. Di sini anda bisa berkeliling dan melihat-lihat buaya mulai dari yang ukurannya masih kecil, sampai besar sekali. Selain itu pengunjung bisa menggendong anak buaya. Tidak perlu takut, anak-anak pun boleh mencoba. Moncong anak buaya ini diikat supaya aman. Kita juga bisa memberi makan buaya. Pengelola menyediakan bangkai ayam yang bisa dibeli seharga Rp 10.000 untuk dilempar ke dalam kolam buaya.

Restoran Sate Buaya

Setelah berjalan-jalan, seperti yang saya bilang ini saatnya menikmati sate buaya. Harganya 5000 rupiah per tusuk. Selain sate, adalah olahan tangkur buaya yang konon berkhasiat untuk stamina pria.

Sate Buaya Balikpapan
Sate Buaya Balikpapan
restoran olahan daging buaya
restoran olahan daging buaya
Oleh-oleh hasil olahan buaya
Oleh-oleh hasil olahan buaya

Demikianlah sharing singkat petualangan kuliner kami di Balikpapan. 🙂

2 comments

WANITA SUPER GLOW April 24, 2020 - 10:19 am

kasiannn buaya nya jadi sateeee …. :”(

Reply
yuditika January 4, 2021 - 1:20 pm

hehehehe

Reply

Leave a Reply

Artikel terkait