Home Editor's Picks Tips liburan yang aman di saat pandemi corona

Tips liburan yang aman di saat pandemi corona

by yudistira.arsie
2 comments

Menjelang tahun baru di tengah situasi pandemi corona ini, tentu bingung juga buat kita menentukan mau liburan atau tidak? Terus kalau mau liburan ke mana? yang sehat? yang aman? Yang paling aman kata orang ya di rumahlah tetep hehe. Nah setelah melakukan berbagai riset tempat wisata yang akhir kami pilih adalah pantai Ujung Genteng dan Geopark Ciletuh, Sukabumi. Loh kenapa? Nah mari kita bahas hehe. Semoga bisa menjadi tips liburan bagi anda yang sedang memilih tempat wisata yang aman di saat pandemi corona. Simak tipsnya.

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Ya, salah satu cara untuk menghindari penyebaran virus corona adalah menghindari menggunakan kendaraan umum. Bagi anda yang memiliki mobil, manfaatkan mobil anda untuk menjadi alat transportasi menuju tempat wisatanya. Nah oleh karena itu tentu tempat wisatanya harus drive-able distance, dan tidak terlampau jauh juga. Apalagi kalau memiliki anak balita seperti kami ( di bawah 2 tahun), tempat wisata yang harus dijangkau dengan pesawat tidak berada di top list kami sementara. Jadi Bali dan kawan-kawan coret dulu ya hehe.

tips liburan di saat pandemi corona dengan mobil pribadi
mobil berhenti di tengah jalan di dalam geopark ciletuh

2. Lokasi yang tidak umum supaya tidak terlalu ramai

Lokasi liburan kalau nyetir dari Jakarta yang tidak jauh-jauh, pastinya yang ada di urutan pertama adalah Bogor, Puncak dan kemudian Bandung. Tapi ya kita tahu kalau sudah menjelang long weekend apalagi malam tahun baru, pastilah wilayah puncak dan bandung menjadi sangat ramai. Alternatifnya, ketimbang ke arah puncak ataupun bandung, kami memilih ke tempat berbeda dan lebih jauh. salah satu yang masuk list kami adalah ke arah banten sana atau ke Sukabumi. Kami pun memilih Sukabumi.

Peta Wisata Sukabumi - Ujung Genteng - Geopark Ciletuh - Pelabuhan Ratu
Peta Wisata Sukabumi – Ujung Genteng – Geopark Ciletuh – Pelabuhan Ratu

Seperti anda di lihat di peta di atas, kami menghindari tol cikampek arah bandung, dan mengikuti tol ciawi arah bogor, tapi kami jalan terus ke selatan yaitu menyambung ke tol bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) menghindari masuk bogor maupun masuk puncak.

3. Mengenali zonasi covid-19 dan aturan lokal untuk rapid test dan sebagainya

Tips liburan pentingnya adalah hindari Zona Merah Covid19. Nah sebaiknya hindari wilayah atau kota yang masuk zona merah yang artinya jumlah kasus corona-nya besar. Contohnya Bandung termasuk zona merah. Untuk zonasi peta risiko ke check ke sini. Masukkan nama kota yang dituju, profil risiko akan muncul.

peta zonasi risiko covid19
peta zonasi risiko covid19

Selain itu juga memperhatikan peraturan wisatawan untuk masuk ke kota-kota tersebut. Rapid Test Antigen diwajibkan di berbagai kota di pulau jawa. Bandung dan Bogor termasuk yang cukup strict aturannya. Bila diminta menyiapkan surat hasil rapid test. siapkan sesuai aturan berlaku misalkan maksimal 2-3hari sebelum berangkat. Banyaknya posko penjagaan dan penyekatan, sehingga akan berdampak pada kemacetan panjang. Untungnya kami memutuskan ke Sukabumi sehingga aturan tidak seketat Bandung dan traffic kemacetannya tidak sepadat cikampek.

pemeriksaan rapid test dan suhu tubuh oleh polisi
pemeriksaan rapid test dan suhu tubuh oleh polisi

4. Wisata Alam – Udara segar – Sinar Matahari yang cukup

Sukabumi kemananya nih? sebagai tipikal traveller saya memang tidak terlaku suka jika hanya menghabiskan waktu di dalam kota. butuh vitamin hijau (gunung hutan) dan biru (pantai, danau). Jadi pastinya saya mencari wisata alam. Terlebih memang di saat pandemi corona seperti ini baiknya menghindari tempat wisata ber-ac seperti mall, pusat perbelanjaan dsbnya. Jauh lebih baik mencari alam terbuka dengan sirkulasi udara alami dan CAHAYA MATAHARI yang cukup supaya udaranya bebas corona hehehe. Yang paling memenuhi syarat adalah P A N T A I. Sukabumi ada pantai? Yes! Pantai Ujung Genteng dan Pantai Legendaris yakni Pelabuhan Ratu.

5. Hotel Staycation yang (agak) privat, aman dan bersih

Namun meski di alam terbuka, sebaiknya jangan sering-sering ke tempat wisata umum ya. Saya pun memilih lokasi hotel yang nyaman yang sudah memiliki akses ke pantai private. Sehingga nyaman untuk beraktivitas dan tetap menjaga privacy dan tidak terlalu berkumpul dengan keramaian tempat wisata umum. Bukan bermaksud eksklusif hanya saya penting menurunkan interaksi dengan orang ramai serendah mungkin. Oleh karena itu tidak heran bila Staycation menjadi opsi liburan favorit di tengah pandemi dan anda tetap bisa berwisata di alam bebas tapi dengan memilih hotel Staycation seperti RESORT di tepi pantai. Simak hotel kami di sini.

6. Membawa hand sanitizer, spray disinfektan dan masker yang banyak

Tips liburan tak kalah pentin yaitu sediakan hand sanitizer yang banyak di mobil, maupun di tas pribadi dan tas si kecil agar gampang diraih dan digunakan kapan saja. Selalu rajin mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan dan ke toilet umum. Selalu sedia masker di mobil, dan di tas dan jangan berhemat masker ya. Gantilah sesering mungkin, setiap berpindah tempat atau sehabis singgah cukup lama di suatu lokasi. Sediakan juga disinfektan spray untuk disemprot saat masuk mobil dan masuk ke kamar hotel.

tips liburan membawa disinfektan spray
tips liburan membawa disinfektan spray

7. Membawa peralatan makan dan toilettries pribadi

Ini hanya sekedar opsi saja, bila anda ingin meningkatkan keamanan anda, baiknya bisa juga membawa semua peralatan makan sendiri seperti piring, sendok, garpu, gelas dan alat pencuci piring. karena sekarang ini semenjak pandemi corona, room service jadi sangat umum di hotel-hotel. Mereka menawarkan bahkan menganjurkan kita untuk breakfast di kamar masing-masing untuk mengurangi kepadatan di restoran hotel. Jadi anda pun bisa menikmati makan pagi atau malam di kamar bersama keluarga.

Toilettries pribadi seperti sabun mandi, handuk, sikat gigi bisa juga mengunakan milik pribadi. Keuntungan bila menggunakan mobil pribadi, anda bisa membawa banyak macam peralatan dan bila tidak dipakai pun anda bisa meninggalkannya di mobil di parkiran. Itulah pentingnya mencari hotel staycation yang nyaman

tips liburan room service makan di kamar hotel
tips liburan room service makan di kamar hotel

Demikian tips liburan aman sekaligus reason why we finally choose Pantai ujung Genteng Sukabumi, Geopark ciletuh dan Pelabuhan Ratu rather than Bogor or Bandung sebagai destinasi liburan singkat tahun baru kami. Nah mau tahu keseruan kami di sana dan apa saja itinerary-nya? Yuk Simak artikel berikutnya.

2 comments

Malam tahun baru di Pantai Ujung Genteng - YUDITIKA April 14, 2021 - 5:08 pm

[…] Sekitar Pulau Jawa […]

Reply
Tanjung Lesung Wisata 2 hari 1 malam part1 - YUDITIKA May 11, 2021 - 6:15 pm

[…] Sukabumi […]

Reply

Leave a Reply

Artikel terkait

%d bloggers like this: